Ini Bedanya Anabolisme dan Katabolisme

Ini Bedanya Anabolisme dan Katabolisme – Metabolisme sangat dibuthkan oleh makhluk hidup.

Secara singkat, metabolisme bisa diartikan sebagai sebuah rangkaian proses kimia untuk memproduksi energi serta memperbarui komponen sel tertentu.

Sel merupakan bentuk dasar dari susunan kehidupan yang terjadi di bumi ini. Proses ini terjadi secara kimiawi dan berurutan.

Saat melakukan metabolisme, secara teratur sel akan mengalami proses anabolisme dan katabolisme.

Untitled

Tanpa kita sadar, dua proses ini sudah dijalankan sejak lama. Anabolisme dan katabolisme merupakan dua proses yang berbeda, namun berlangsung secara bersamaan dan beriringan. Proses tidak bisa dipisahkan karena terjadi dalam satu entitas yang nyata.

Dalam tubuh manusia, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi metabolisme dalam tubuh, seperti makanan yang mengandung lemak, juga makanan yang berukuran lebih besar, juga faktor usia.

Begitu juga dengan tumbuhan, kecepatan metabolisme juga ditentukan oleh faktor lingkungan dan intensitas caha yang masuk.

Pengertian anabolisme

Dalam pengertian yang singkat, anabolisme adalah proses penyusunan senyawa sederhana menjadi senyawa komplek. Senyawa komplek ini biasanya disebut dengan senyawa makromolekul.

Makromolekul yang terbentuk bisa menjadi berbagai macam bentuk seperti asam nukleat, lemak, karbohidrat dan protein. Anabolisme bisa terjadi melalui dua cara, yaitu fotosintesis dan kemosintesis.

Anabolisme dari fotosintesis bisa terjadi jika energi bersumber dari cahaya, dan anabolisme dari kemosintesis energinya bersumber dari bahan kimia.

Fotosintesis dalam tanaman bisa melaui dua tahapan, yakni reaksi gelap dan reaksi terang. Pada reaksi gelap akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen, sedangkan pada reaksi terang akan menghasilkan NADPH dan ATP.

Untuk melakukan fotosintesis, daun memerlukan pigmen hijau yang mampu menyerap sinar matahari.

Juga terdapat jaringan kloroplast dan klorofil. Setelah itu, sinar matahari yang didapat kemudian dirubah menjadi energi kimia dalam tilakoid, dan stroma akan mengubah sinar matahari menjadi glukosa.

Pengertian katabolisme

Dalam istilah pendek, katabilosme bisa diartikan sebagai proses pemecahan atau penguraian senyawa komplek menjadi senyawa sederhana.

Ketika proses katabolisme terjadi, energi akan dilepas untuk mengurai senyawa tersebut. Dalam makhluk hidup, katabolisme bisa dicontohkan melalui perubahan karbohidrat menjadi oksigen yang bisa dihirup dalam proses respirasi.

Katabolisme yang terjadi bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu respirasi dan fermentasi.

Respirasi menggunakan oksigen bebas sebagai saratnya, sedangakan fermentasi dapat terjadi tanpa oksigen bebas.

Fermentasi pada dasarnya lebih melibatkan mikro organisme dan terbagi menjadi tiga macam yaitu fermentasi asam cuka, fermentasi asam laktat dan fermentasi alkohol.

Katabolisme merupakan proses oksidasi, dimana akan melepaskan energi panas. Panas ini menjadi sangat penting untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Kegiatan paling penting dari katabolisme adalah mengolah oksigen menjadi karbon dioksida.

Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme

  • Anabolisme merupakan penggabungan senyawa menjadi komplek, sedangkan katabolisme merupakan pemecahan dari senyawa komplek.
  • Anabolisme akan menghasilkan energi, katabolisme akan melepaskan energi.
  • Anabolisme akan menggabungkan senyawa sederhana, katabolisme akan memecah senya komplek.
  • Anabolisme akan memperbaiki organ, sedangkan katabolisme akan memakai energy dalam organ.
  • Anabolisme membuat zat lebih besar dari materi kecil, katabolisme mengurai materi lebih besar menjadi zat lebih kecil.
  • Terjadi reaksi sintesis dehidrasi dalam anabolisme, sedang pada katabolisme terjadi reaksi hidrolisis.
  • Dalam anabolisme terjadi reaksi reduksi, sedangakan pada katabolisme terjadi reaksi oksidasi.
  • Proses anabolisme akan merombak molekul sederhana, sedangkan katabolisme akan merombak molekul komplek.
  • Anabolisme akan membangun molekul komplek, katabolisme akan membangun molekul sederhana.
Sumber : http://agroteknologi.web.id/ini-bedanya-anabolisme-dan-katabolisme/


0 Response to "Ini Bedanya Anabolisme dan Katabolisme"

Post a Comment