Pengertian Kualitas Buah

Pengertian Kualitas Buah


Agrotani.com – Produsen, pedagang dan konsumen buah-buahan memiliki perbedaan dalam mengartikan kualitas. Secara umum, sifat-sifat buah seperti rasa, kandungan gizi dan higien (sehat) menentukan kualitas buah. Sehubungan dengan itu kemudian timbul istilah nilai pasar (sifat luar dan dalam), nilai kegunaan dan nilai gizi (nilai fisiologis).

Kualitas mutu buah yang terdiri dari beberapa keuntungan untuk konsumen dan anda sebagai pelaku utama. Hal ini menilai dari beberapa bagian yang dapat mempengaruhi kualiras, seperti dari varietas dan cara budidaya dan teknis-teknis yang mendukung kualitas hasil buah.

Kualitas atau mutu merupakan suatu tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu. Mutu buah sangat penting untuk kepuasan konsumen dan nilai jual petani buah, jika saja petani buah tidak memperhatikan kualitas maka akan kesulitan konsumen sebagai pasar utama, baik buah yang akan di olah ataupun buah sebagai konsumsi.

Nilai kegunaan dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan apakah buah dapat dijadikan bahan baku industri (diolah lebih lanjut menjadi produk basah, kering, atau beku), untuk dimasak dalam rumah tangga atau dijadikan buah meja (yang langsung dikonsumsi dalam keadaan segar) ?

Untuk menentukan nilai kegunaan dapat diketahui dengan jalan menganalisis kandungan bahan kering buah, tingkat kemasakan buah, dan kandungan unsur-unsur yang bernilai gizi. Nilai gizi ditentukan oleh kandungan mineral, kandungan vitamin, kandungan gula, kandungan asam, dan kandungan protein.

Nilai higienis (kesehatan) harus tinggi tetapi kadang-kadang sulit diukur dan dinilai seperti kandungan bahan-bahan yang tidak dikehendaki seperti asam oksalat, residu pestisida, kandungan mikroorganisme yang merugikan dan nitrat. Kualitas buah menjadi faktor penting dalam dunia pertanian dan agribisnis, jika petani buah dengan kualitas buruk terus menerus maka kerugian yang akan didapat.

Baca Juga :

  • Manfaat ampuh beras hitam untuk kesehatan
  • Nilai gizi untuk kesehatan dengan mengkonsumsi buah – buahan
  • 10 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan


Masuk Forum Kami Lewat Facebook atau Twitter
Sumber : http://www.agrotani.com/pengertian-kualitas-buah/


0 Response to "Pengertian Kualitas Buah"

Post a Comment