Beberapa Manfaat Tanaman Gambir Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Tanaman Gambir Untuk Kesehatan – Tanaman gambir atau dikenal juga dengan nama Uncaria gambir Robx ialah jenis tanaman yang habitat utamanya dapat kita ditemukan di kawasan hutan, atau dibudidayakan di kebun oleh beberapa petani.

Tanaman gambir memiliki ciri-ciri utama yaitu batangnya tegak, berbentuk bulat, memiliki cabang simpodial, dan memiliki warna coklat pucat.

Gambir adalah salah satu tanaman dengan nilai ekonomis tinggi, memiliki prospek yang menguntungkan, dan memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan manusia.

budidaya gambir

Sejak jaman dahulu kala, tanaman gambir sudah digunakan sejak nenek moyang kita sebagai tanaman obat tradisional untuk mengobati bermacam-macam jenis penyakit.

Di Indonesia, daerah penghasil tanaman gambir terbesar yaitu Sumatra bagian selatan dan Sumatra bagian tengah.

Senyawa pada Tanaman Gambir

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh beberapa ahli botani, menunjukan jika tanaman gambir memiliki beberapa jenis senyawa yang terkandung didalamnya.

Beberapa senyawa yang paling banyak ditemukan antara lain seperti agen alkaloid, okson tannin, katekin, flavonoid dan dihidro tannin.

Gambir didapatkan dari proses penghancuran daun dan ranting menggunakan air panas, selanjutnya akan diendapkan pada suatu tempat hingga menghasilkan endapan berwarna kuning dan keras.

Setelah diendapkan beberapa hari, endapat tersebut akan berubah warna coklat kekuningan atau berwarna hitam pekat.

Untuk dapat menggunakan gambir, kita hanya perlu memotongnya menjadi ukuran lebih kecil atau menghancurkannya dengan cara ditumbuk agar berubah menjadi serbuk.

Manfaat Tanaman Gambir Untuk Kesehatan Manusia

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, jika tanaman gambir memiliki banyak manfaat bagi manusia berkat adanya beberapa senyawa. Selain itu, tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman untuk menyirih.

Karena sejak jaman dahulu, masyaraka Indonesia sudah gemar melakukan kegiatan menyirih.

Bahkan, hingga saat ini kegiatan menyirih menggunakan tanaman gambir masih dilakukan di beberapa daerah Indonesia. Berikut beberapa manfaat tanaman gambir untuk kesehatan yang perlu kita ketahui.

1). Manfaat Tanaman Gambir Untuk Obat Diare

Manfaat yang pertama tanaman gambir ialah sebagai obat diare. Kita hanya perlu mempersiapkan sepotong gambir dan satu buah kunyit, selanjutnya tambahkan patikan cina segar serta air bersih sekitar 110 ml.

Semua bahan tersebut kita buat sebagai Infus dan diminum 1 kali sehari, selama 3 hari.

2). Manfaat Tanaman Gambir Untuk Antioksidan

Daun gambir memiliki kandungan sebuah senyawa kimia yang dinamakan dengan katekin.

Katekin ialah senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk antioksidan alami yang mampu menyerang sistem yang terinfeksi radikal bebas. selain itu, katekin juga dipercayai mampu menyerang berbagai macam penyakit berbahaya di dalam tubuh manusia.

3). Manfaat Tanaman Gambir Untuk Gangguan Mulut

Beberapa penyakit yang menggangu mulut seperti bibir kering, sariawan, dan luka pada gusi ternyata dapat kita sembuhkan dengan memanfaatkan tanaman gambir.

Karena berbagai senyawa yang terkandung didalam gambir mampu mampu mengatasi berbagai penyakit yang menyerang mulut.

Kita hanya perlu mengunyah atau menempelkan daun gambir pada bagian mulut yang luka, hingga beberapa saat agar kandungan senyawa tersebut bereaksi.

4). Manfaat Tanaman Gambir Untuk Mengobati Luka Bakar

Terkadang jika ada bagian tubuh kita yang mengalami luka bakar, tentu akan meninggalkan bekas luka yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Namun, jika kita menggunakan gambir untuk menyembuhkan luka bakar maka luka tersebut tidak akan meninggalkan bekas luka.

Baca Artikel Lainnya:

  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Katuk
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kecipir

Kita hanya perlu menumbuk atau menghaluskan daun gambir dan menempelkannya pada luka bakar, sehingga akan menghasilkam efek dingin serta menyembuhkan luka bakar tersebut dengan meminimalisir bekas luka yang akan ditinggalkan.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/beberapa-manfaat-tanaman-gambir-untuk-kesehatan/


0 Response to "Beberapa Manfaat Tanaman Gambir Untuk Kesehatan"

Post a Comment