Pengertian, Dampak dan Akibat Penggundulan dan Penebangan Hutan

Dampak Akibat Penggundulan dan Penebangan Hutan – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari dampak akibat penggundulan dan penebangan hutan.

Namun sebelum mempelajari dampak akibatnya, kita akan mempelajari pengertian dari penggundulan dan penebangan hutan terlebih dahulu.

Mari tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

penggundulan-hutan

Pengertian Penggundulan dan Penebangan Hutan

Penggundulan hutan atau pengawahutanan atau penghilangan hutan atau deforentasi adalah suatu kegiatan penebangan hutan dan tegakan pohon, dengan tujuan untuk memanfaatkan lahan bekas hutan tersebut.

Pemanfaatan lahan tersebut digunakan untuk tujuan nir hutan atau non forest use seperti digunakan untuk pertanian, pertenakan, hingga pembukaan lahan untuk pemukiman manusia atau perkotaan.

Baca Artikel Lainnya :

  • Keindahan Hutan Tengah Kota Kuala Lumpur Malaysia
  • Dasar hukum dan kebijakan pengelolaan hutan lindung
  • Pengertian dan definisi hutan serbaguna

Umumnya, penebangan hutan lebih identik dilakukan secara liar dan dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi, ada juga penebangan hutan yang dilakukan oleh instansi pemerintah atau perusahaan-perusahaan dengan tujuan tertentu.

Alasan Dilakukannya Penggundulan dan Penebangan Hutan

Terdapat beberapa alasan kenapa manusia melakukan penggundulan dan penebangan hutan, salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat atau instan.

Selain itu, faktor pemerintah, kekuasaan, korupsi, pertumbuhan penduduk yang tidak terkontrol merupakan beberapa alasan terjadinya penggundulan dan penebangan hutan.

  • Sebagai bahan kontruksi bangunan dan perabotan rumah tangga : Dilakukannya penebangan dan penggundulan hutan, tentunya bertujuan untuk memanfaatkan kayu dari pohon yang ada di hutan tersebut. Karena kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi bangunan, bahan utama perabotan rumah tangga, dan diolah menjadi kertas.
  • Sebagai tempat pembukaan pertanian dan perternakan : Salah satu alasan kenapa terjadinya penggundulan dan penebangan hutan adalah untuk membuka lahan baru pertanian, membangun tempat pengolahan pertanian dan perternakan. Sebab, peternakan atau pertanian yang besar tentu membentukan lahan yang luas juga.
  • Sebagai Lahan Komersial : Di Indonesia banyak hutan yang mengalami penggundulan dan penebangan karena untuk membuka lahan usaha baru seperti pertambangan, perkebunan, peternakan, dan membuat jalan raya baru.

Dampak Akibat Penggundulan dan Penebangan Hutan

Berikut beberapa dampak akibat dari terjadinya penggundulan dan penebangan hutan.

  • Penggundulan dan penebangan hutan sangat merugikan serta menimbulakan berbagai anomali di sektor kehutanan seperti ancaman proses deindustrialisasi pada sektor kehutanan.
  • Kualitas oksigen di bumi semakin rendah, karena tumbuhan yang berperan penting dalam proses terbentuknya oksigen semakin sedikit dan mengakibatkan oksigen yang dihasilkan semakin sedikit.
  • Karena terjadinya penggundulan dan penebangan hutan, mengakibatkan bumi semakin panas karena tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai peneduh semakin berkurang jumlahnya. Sehingga sinar matahari dapat secara langsung mengenai kulit manusia, tanpa adanya halangan terlebih dahulu.
  • Dampak akibat dari penggundulan dan penebangan hutan yang paling banyak kita rasakan adalah terjadinya banjir, sebab air yang seharusnya diserap oleh akar tumbuhan tidak dapat terserap. Sehingga mengakibatkan terjadinya banjir bandang, tanah longsor, dan yang paling buruk adalah tanah bergerak.
Sumber : http://agroteknologi.web.id/pengertian-penggundulan-dan-penebangan-hutan/


0 Response to "Pengertian, Dampak dan Akibat Penggundulan dan Penebangan Hutan"

Post a Comment