Syarat Tumbuh Tanaman Pinang

Syarat Tumbuh Tanaman Pinang – Tanaman pinang atau dalam bahasa latin disebut sebagai Areca Cathecu adalah salah satu tanaman buah yang hasil produktivitasnya menjadi komoditas ekspor Indonesia.

Karena permintaan akan buah pinang di luar negeri sangat tinggi, sedangkan permintaan di dalam negeri sangatlah rendah.

Maka mayoritas produktivitas tanaman pinang berupa buah, lebih banyak di ekspor ke luar negeri.

syarat pinang

Umumnya, tanaman pinang banyak tumbuh di perkebunan atau pekarangan rumah masyarakat Indonesia.

Baca Artikel Lainnya :

  • Teknik Budidaya Tanaman Mindi Untuk Pemula
  • Syarat Tumbuh Tanaman Rambutan
  • Syarat Tumbuh Tanaman Duku

Akan tetapi, hingga saat ini masih sedikit petani yang membudidayakan tanaman pinang dengan bersungguh-sungguh dan menjadikannya sebagai tanaman utama.

Biji pinang dapat digunakan sebagai bahan makanan, bahan obat, dan bahan pewarna tekstil untuk industri.

Selain itu, biji pinang sudah menjadi bahan dasar obat yang di produksi oleh organisasi kesehatan dunia WHO hingga sudah digunakan sebagai bahan obat tradisional sejak ribuan tahun sebelum Masehi oleh masyarakat Mesir dan India.

Hingga saat ini sudah banyak Negara di Asia bahkan Dunia yang memanfaatkan tanaman pinang sebagai bahan obat eksim, cacing, flu, sakit gigi, borok, koreng, sariawan, mimisan, nyeri saat haid, difteri, kudis, luka bakar, dan herpes.

Syarat-Syarat Tumbuh Tanaman Pinang

Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka tanaman pinang harus ditanam di tempat yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Bila syarat-syarat tersebut dapat terpenuhi, akan memberikan dampak yang baik bagi tanaman pinang dan membuatnya dapat menghasilkan pertumbuhan serta produktivitas yang maksimal.

Berikut beberapa syarat-syarat tumbuh tanaman pinang yang perlu kita ketahui, ketika akan menanam tanaman pinang.

  • Agar dapat menghasilkan pertumbuhan dan produktivitas yang maksimal, sebaiknya tanam tanaman pinang pada ketinggian antara 0 – 1000 m diatas permukaan laut. Akan tetapi, ketinggian yang paling ideal untuk menanam tanaman pinang adalah dibawah 600 m diatas permukaan laut.
  • Jenis tanah yang baik sebagai media tanam tanaman pinang adalah tanah beraerasi baik, jenis solum tanah tanpa adanya kandungan lapisan cadas, jenis tanah lempung merah, laterik, hingga jenis tanah alluvial.
  • Sebaiknya tanah tersebut memiliki keasaman atau pH sekitar 4 – 8. Dengan tujuan, agar produktivitas yang dihasilkannya berkualitas baik.
  • Daerah yang baik sebagai tempat budidaya tanaman pinang haruslah memiliki curah hujan antara 750 – 4500 mm per tahun dengan intensitas hujan yang merata sepanjang tahun atau memiliki hujan antara 100 – 150 hari setiap tahunnya.
  • Tanaman pinang sangat menyukai daerah dengan iklim tropis dan subtropis yang agak basah, dengan bulan basah sekitar 3 – 4 bulan per tahun serta bulan kering sekitar 4 -8 bulan per tahun.
  • Untuk menghasilkan produktivitas maksimal, suhu di sekitar tanaman pinang harus berkisar antara 20°C – 35°C dan memiliki kelembapan udara sekitar 50 – 90%.
  • Selain letak ketinggian, jenis tanah, keasaman tanah, intensitas hujan, suhu, dan kelembapan udara. Syarat utama agar tanaman pinang dapat tumbuh dengan maksimal adalah intensitas cahaya, karena tanaman pinang memerlukan sinar matahari yang cukup antara 6 – 8 jam setiap harinya.
Sumber : http://agroteknologi.web.id/syarat-tumbuh-tanaman-pinang/


0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Pinang"

Post a Comment