Kandungan dan manfaat tanaman ketumbar

Kandungan dan manfaat tanaman ketumbar – Salah satu bumbu dapur yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu ketumbar ternyata memiliki banyak mengandung beberapa zat yang bisa di manfaatkan untuk kehidupan sehari – hari.

Tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia ini memiliki banyak manfaat di bagian daunnya, sehingga banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai salah satu bahan obat tradisional.

manfaat-ketumbar

Kandungan tanaman ketumbar

Tanaman ketumbar memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, berikut ini beberapa kandungannya :

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Zat besi
  5. Kalsium
  6. Fosfor
  7. Vitamin A
  8. Vitamin B1
  9. Vitamin C
  10. Geraniol
  11. Linallol
  12. Sabinene
  13. Borneol

Manfaat tanaman ketumbar

Tanaman ketumbar memiliki banyak manfaat seperti sebagai obat tradisional, berikut ini akan di jelaskan beberapa manfaat pada tanaman ketumbar terutama dalam pengobatan penyakit :

  1. Mengatasi anemia

Salah satu kandungan pada ketumbar adalah zat besi, dengan zat besi ini maka dapat membantu tubuh seseorang yang sedang mengalami anemia untuk kembali normal dengan mengonsumsi si ketumbar.

  1. Atasi diare

Kandungan yang ada pada si ketumbar seperti limonene, cineol, beta-phelandrene dan alpa-pinene bekerja sebagai anti bakteri yang dapat membantu mengatasi Dae akibat bakteri. Selain itu adanya linalool dan boneol membantu proses pencernaan, proses pengikatan feses pada usus, dan meningkatkan fusi hati.

  1. Menurunkan kadar gula pada penderita diabetes

Kadar gula pada penderita dapat menurun dengan mengonsumsi ketumbar, karena efek positif ketumbar yang mengandung zat bernama cumin. Cumin ini akan menstimulasi sekresi insulin meningkat dari dalam pankreas, sehingga terjadi proses perubahan gula menjadi glikogen yang bermanfaat untuk tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan ketumbar adalah vitamin A, C dan fosfor sert minyak esensial yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pada mata, menurunkan kelelahan pada mata, mencegah degenerasi makula mata dan juga adanya anti infeksi pada saat sedang terjadi konjungtivitis atau peradangan selaput lendir pada mata.

  1. Gangguan menstruasi

Terkadang para wanita bisa jadi mengalami menstruasi yang tidak teratur bahkan merasakan sakit ketika sedang menstruasi. Hal tersebut dapat di atasi dengan penggunaan daun ketumbar, karena daun ketumbar dapat mengatur dampak hormonal, seperti pengaturan kelenjar endokrin dan sekresi.

  1. Antibiotik

Salah satu manfaat dari tanaman ketumbar yaitu sebagai antibiotik. Senyawa antibiotik ini terdapat pada daun ketumbar menurut para ahli setelah dilakukan pengujian di laboratorium. Dengan antibiotik tersebut dapat membunuh bakteri salmonela misalnya.

  1. Mengobati insomnia

Daun ketumbar mengandung fitonutrien dan beberapa zat lain yang dapat menyeimbangkan Bahn – Bahn kimia dalam tubuh, sehingga memberi efek menenangkan pada saraf sehingga memudahkan tidur.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat mengonsumsi daun ketumbar adalah dapat mengurangi rekanan darah pada penderita hipertensi, karena adanya interaksi antara kolinergik dan ion kalsium serta neurotransmitter pada sistem saraf pusat dan perifer. Adanya interaksi antara kedua pembuluh tersebut menjadikan kondisi kardiovaskular.

  1. Anti kanker

Daun ketumbar mengandung vitamin C dan E, zat beta caroten dan berapa zat lain yang bersifat antioksidan sehingga dapat membunuh sel – sel yang bersifat karsinogenik atau sel penyebab kanker.

  1. Mengobati batu ginjal

Salah satu manfaat dari tanaman ketumbar terutama daunnya adalah sebagai pembantu penurun resiko terjadinya batu ginjal, karena mengandung diuretik yang memiliki efek detoksifikasi.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/kandungan-dan-manfaat-tanaman-ketumbar/


0 Response to "Kandungan dan manfaat tanaman ketumbar"

Post a Comment