Cara penanganan pasca panen tanaman asparagus

Cara penanganan pasca panen tanaman asparagus – Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman asparagus merupakan tanaman yang konsumsinya kurang diminati di Indonesia, bukan karena rasanya yang tidak enak melainkan harganya yang cukup mahal untuk seukuran sayuran.

Selain itu anda dapat mengonsumsinya atau mendapatkan dengan mudah di restoran atau hotel berbintang.

Namun, ada beberapa orang yang tetap mengonsumsi tanaman asparagus untuk makanan setiap hari walaupun harga pasarannya cukup mahal.

agro

Nah, mungkin anda tertarik menggeluti bisnis budidaya tanaman asparagus ? terutama karena harga pasar mahal, dan masih agak jarang yang mau menjadi petani asparagus mengingat di pasar konsumsi dan antusiasnya biasa saja.

Akan tetapi, peluang bisa datang kapan dan dimana saja. Anda bisa memasarkan asparagus anda pada restoran dan hotel berbintang yang memasok makanan dan sayuran mahal sejenis asparagus. lantas, apa ada cara atau penanganan khusus pasca panen tanaman asparagus ?

 Asparagus

Asparagus memiliki dua jenis yang dapat anda panen dan budidayakan, yaitu :

  1. Asparagus hijau

Jenis asparagus hijau paling banyak ditemukan dan banyak diolah di Indonesia. Sebenarnya asparagus hijau banyak ditanam di dataran amerika dengan tujuan konsumsi. Asparagus hijau lebih tebal dan keras dibanding asparagus putih.

Selain itu asparagus hijau banyak dikonsumsi sebagai tanaman yang sering dimasak baik tumis maupun di sup.

  1. Asparagus putih

Asparagus putih merupakan asparagus yang agak jarang ditemukan. Asparagus ini merupakan asparagus yang banyak ditemukan di sekitaran Eropa.

Selain itu biasanya asparagus ini dijual seperti makanan atau sayuran kalengan dengan warna putih, umumnya batangnya lebih tipis dibanding asparagus hijau.

Pemanenan asparagus

Proses pemanenan asparagus dilakukan menjadi lebih cepat dibanding panen asparagus di daerah subtropis atau dingin.

Di daerah tropis panen pertama kali dilakukan ketika tanaman sudah berusia minimal 8 bulan dan maksimal 10 bulan saja. Setelah itu, anda dapat memanennya dan disegerakan.

Agar pemanenan akan menjaga kesegaran tanaman asparagus. walaupun daerah tropis tanaman asparagus tetap ditanam di dataran tinggi seperti Bandung, Sukabumi, Malang dan lain tempat yang memiliki dataran tinggi.

Kriteria tanaman yang dapat dipanen

Tanaman asparagus dapat melewati pemanenean setelah 5 bulan transplanting. Selain itu asparagus hijau dipanen setelah muncul di atas tanah dalam kondisi tanaman masih membentuk pucuk.

Panen dilakukan dengan dua cara yaitu mencabut dan memotong batang muda pada tanaman asparagus. interval panen yaitu 2 hari sekali, bulan keenam dan seterusnya dapat dipanen setiap hari.

Paling baik jika anda memotong dengan cara memotong jangan mencabut karena tanaman dapat tumbuh kembali. Kecuali anda ingin membersihkan secara maksimal tanaman tersebut.

Penyimpanan hasil panen

Pasca panen atau hasil panen dapat disimpan di bawah suhu 15 derajat celcius. Selain itu di atas titik beku bahan dikenal sebagai penyimpanan dingin atau Chilling storage.

Fungsi penyimpanan ini untuk mempertahankan kesegaran sayur, terutama jika sayur akan didistribusikan ke tempat yang jauh dari tempat panen dan budidaya. Temperatur yang optimum dapat menyebabkan kerusakan pendinginan.

Cara lain untuk menjaga asparagus tidak langsung didistribusikan maka disimpan dalam ruangan dingin 0 – 10 derajat.

Sehingga asparagus tetap memiliki rasa manis sayur dan ketahanan cukup lama. Bagian atas asparagus dapat dibungkus menggunakan tali dan juga kertas, setelah itu anda dapat memasukan bak khusus yang diisi dengan air setinggi kurang lebih 5 cm dengan posisi berdiri. Sehingga bagian bawahnya terendam air.

Pengemasan

Pengemasan asparagus dapat menggunakan plastik tahan panas atau plastic wrap. Plastik ini akan mengurangi penguapan air pada tanaman tapi tidak juga membusukan tanaman.

Baca Juga :

  • Cara pengendalian hama dan penyakit tanaman beligo
  • Perbedaan Antara Agroforestri tradisional dan Agroforestri Modern
  • Pengertian dan definisi hutan kemasyarakatan dan hutan rakyat

Selain itu berikan pendingin seperti es batu atau taruh dalam kotak dingin, sehingga asparagus tetap segar dengan udara dingin.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/cara-penanganan-pasca-panen-tanaman-asparagus/


0 Response to "Cara penanganan pasca panen tanaman asparagus"

Post a Comment