Ciri Hutan Stepa dan Hutan Tundra

Ciri Hutan Stepa dan Hutan Tundra – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari ciri hutan stepa dan hutan tundra.

Namun, kita tidak hanya mempelajari ciri-ciri dari kedua jenis hutan tersebut.

Akan tetapi kita juga akan mempelajari pengertian, proses terbentuknya, dan jenis-jenis dari kedua hutan tersebut.

hutan-stepa

Baca Juga :

  • Dampak Akibat Penggundulan dan Penebangan Hutan
  • Keindahan Hutan Tengah Kota Kuala Lumpur Malaysia
  • Dasar hukum dan kebijakan pengelolaan hutan lindung

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas satu per satu.

Hutan Stepa

  • Pengertian Hutan Stepa :Stepa berasal dari bahasa Inggris yaitu Steppe yang berarti padang rumput. Sedangkan secara umum, stepa diartikan sebagai sebuah dataran berupa padang rumput yang terbentang luas di wilayah tropis hingga subtropis dengan curah hujan yang sangat sedikit setiap tahunnya. Selain itu, biasanya stepa berbentuk semi gurun yang tertutupi oleh rumput dan semak.
  • Proses Terbentuknya Hutan Stepa :Biasanya hutan stepa terbentuk secara alami, yang biasanya dipengaruhi oleh faktor iklim dan curah hujan yang sangat minim atau rendah setiap tahunnya yaitu sekitar 30 mm per tahun saja. Dengan demikian, tumbuhan akan sulit untuk mendapatkan air dan tidak dapat tumbuh. Sehingga hanya rerumputan saja yang mampu beradaptasi dan bertahan hidup dilingkungan yang minim dengan curah hujan.
  • Jenis-Jenis Hutan Stepa : Hutan stepa terbagi menjadi beberapa jenis seperti hutan stepa iklim kering, hutan stepa iklim basah, hutan stepa tanah rendah, hutan stepa tanah tinggi, hutan stepa pegunungan, hutan stepa rawa pegunungan, dan hutan stepa alpin.
  • Ciri-Ciri Hutan Stepa :Hutan stepa memiliki ciri-ciri seperti curah hujan yang tidak teratur, suhu antara 19 – 30 °C saat musim panas, suhu antara 12 – 20 °C saat musim hujan, suhu siang hari diatas 20 °C, suhu malam hari dibawah 15 °C, penguapan lebih tinggi dari pada curah hujan, tanah yang sangat tandus, dan biasanya sebagian besar wilayahnya berupa padang rumput.

Hutan Tundra

  • Pengertian Hutan Tundra : Tundra berasal dari bahasa Finlandia yaitu tunturia yang berarti dataran tanpa pohon. Sedangkan secara umum, hutan tundra diartikan sebagai daerah yang luas berupa dataran tanpa adanya pohon dan biasanya hanya ada di daerah sekitar kutub utara atau kutub selatan saja.
  • Proses Terbentuknya Hutan Tundra :Biasanya hutan tundra terbentuk karena lingkungannya jarang mendapatkan sinar matahari, berada di tempat yang gelap, dan memiliki jangka waktu yang lama dari pada wilayah di bumi lainnya. Selain itu, hutan tundra kebanyakan hanya ditumbuhi oleh jenis tumbuhan kerdil dan mayoritas ditumbuhi oleh lumut saja.
  • Jenis-Jenis Hutan Tundra : Hutan tundra dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu hutan tundra arktik yang hanya ada di kutub utara hingga kutub selata saja dan hutan tundra alpine yang ada di pegunungan sangat tinggi serta tersebar di seluruh penjuru bumi.
  • Ciri-Ciri Hutan Tundra : Hutan tundra memiliki ciri-ciri seperti semua wilayahnya tertutup salju atau es, memiliki musim dingin yang panjang, tanahnya membeku secara permanen, memiliki kecepatan angin yang tinggi, memiliki curah hujan yang minim, dan bioma yang dimilikinya sangat rendah.
Sumber : http://agroteknologi.web.id/ciri-hutan-stepa-dan-hutan-tundra/


0 Response to "Ciri Hutan Stepa dan Hutan Tundra"

Post a Comment