Kandungan dan Manfaat Tanaman Katuk

Kandungan dan Manfaat Tanaman Katuk – Tanaman katuk merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keseharian.

Biasanya yang sering dimanfaatkan adalah daunnya yang masih muda, untuk sayur bening atau urap – urap misalnya.

Selain sebagi sayuran daun katuk juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar obat tradisional.

tanaman kantuk maanfaat

Kandungan katuk

Tanaman katuk memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, seperti berikut ini kandungan dalam 100 gram katuk :

  1. Energi sebanyak 59 kal
  2. Karbohidrat sebanyak 11 gram
  3. Air sebanyak 81 gram
  4. Fosfor sebanayk 83 mg
  5. Vitamin A sebanyak 10.370 IU
  6. Vitamin B1 sebanyak 0,1 mg
  7. Vitamin C sebanyak 239 mg
  8. Protein sebanyak 1, 0 gram
  9. Serat sebanyak 1, 5 gram
  10. Lemak sebanyak 1, 0 gram
  11. Zat besi sebanyak 2,7 mg
  12. Kalsium sebanyak 204 mg

Manfaat katuk

Banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan katuk untuk obat misalnya, seperti berikut ini beberapa manfaat tanaman katuk :

  1. Mencegah osteoporosis

Salah satu kandungan dari tanaman katuk adalah kalsium  yang mencapai 2, 8 %. Karena kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis ( kekeroposan tulang) jika dikonsumsi.

  1. Melancarkan ASI

Bagi anda yang sedang menyusui sangat di anjurkan untuk mengonsumsi daun katuk untuk menu keseharian anda. Karena kandungan daun katuk yang banyak membuat keluarnya ASI makin lancar.

Kandungan tersebut seperti : Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Minyak esensial seperti : Flavooid, Saponin, Tanin dan  Triterpenoid, mineral seperti : Fosfor, Kalsium dan Zat besi.

  1. Menyehatkan mata

Salah satu manfaat dari tanaman katuk adalah untuk menyehatkan mata. Kandungan betacarotin yang tinggi dan vitamin A pada tanaman katuk di percaya dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya gangguan pada mata.

  1. Menaikkan tekanan darah (hipertensi)

Seseorang akan mengalami tekanan darah turun ketika kalsium dalam tubuh seseorang menurun. Maka salah satu anjuran untuk menaikkan tekan  darah dengan cara mengonsumsi daun katuk yang mana kandungan kalsiumnya tinggi.

  1. Menyembuhkan sembelit
  2. Mengobati influenza dan anemia

Tanaman katuk dapat dimanfaatkan untuk mengobati seseorang yang terserang penyakit influenza. Apalagi mengingat katuk mengandung efedrina sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita influenza.

Selain itu katuk mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk mengobati atau mencegah terjadinya anemia.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat dari katuk adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang yang mengonsumsinya. Karena kandungan Vitamin A yang tinggi pada katuk itu sendiri.

  1. Baik untuk kesehatan pria

Seorang pria dianjurkan untuk mengonsumsi katuk, mengingat katuk mengandung zat aktif yang dapat merangsang hormon steroid seperti testosteron dan progestron. Dengan begitu dapat membantu mamacu kuantitas dan kualitas sperma pada pria dan dapat juga membangkitkan vitalitas seksual seseorang.

Walaupun katuk memiliki manfaat yang tinggi dengan kandungan yang banyak bermanfaat tapi janganlah dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya hanya konsumsi sebanyak 50 gram / hari dan tidak secara terus – terusan.

Karena jika dikonsumsi secara berlebihan penyerapan kalsium dan  fosfor akan terganggu akibat senyawa glukortikoid pada katuk. Selain itu mengonsumsi kak secara berlebihan memiliki efek buruk untuk tubuh seseorang :

  1. Sesak nafas
  2. Insomnia
  3. Tidak enak makan

Baca Juga :

  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kecipir
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kapulaga
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Brotowali
Sumber : http://agroteknologi.web.id/kandungan-dan-manfaat-tanaman-katuk/


0 Response to "Kandungan dan Manfaat Tanaman Katuk"

Post a Comment