Syarat Tumbuh Tanaman Duku

Sejarah Tanaman Duku

Duku adalah tanaman buah berupa pohon yang banyak ditemukan tumbuh liar di Asia Tenggara bagian barat, dari semenanjung Thailand bagian barat hingga Pulau Kalimantan bagian timur.

Menurut hasil penelitian, duku adalah tanaman asli Indonesia yang saat ini penyebarannya sudah merata di seluruh nusantara dan menjadi salah satu buah-buahan yang paling banyak di budidayakan.

syarat tumbuh duku

Jenis dan Sentra Budidaya Tanaman Duku di Indonesia

Di Indonesia terdapat bermacam macam jenis duku yang dibudidayakan oleh masyarakat seperti suku metesih, duku condet, dan duku komering.

Sedangkan wilayah Indonesia yang menjadi sentra budidaya duku yaitu Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Syarat Tumbuh Tanaman Duku

Tanaman duku merupakan tanaman buah yang banyak hidup di daerah tropis dan sub tropis, terutama di daerah sekitar garis khatulistiwa.

Maka tak heran, jika tanaman buah yang satu ini banyak tumbuh di wilayah-wilayah Indonesia. Berikut beberapa syarat tumbuh tanaman duku yang perlu kita ketahui.

Syarat Iklim

  • Umumnya angin tidak terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman duku, akan tetapi tanaman duku tidak akan tumbuh optimal di daerah yang memiliki kecepatan angin tinggi.
  • Tanaman duku biasanya dapat tumbuh subur di daerah dengan curah hujan tinggi dan merata setiap tahunnya, antara 1500 – 2500 mm per tahun serta beriklim basah hingga agak basah.
  • Tanaman duku akan tumbuh secara maksimal pada daerah yang memiliki suhu 19 derajat Celcius, dengan intensitas cahaya matahari tinggi.
  • Selain angin, curah hujan, suhu, dan intensitas cahaya. Kelembapan udara yang tinggi akan mempercepat pertumbuhan tanaman duku, sedangkan kelembapan udara yang semakin rendah akan menghambat pertumbuhan tanaman duku.

Syarat Media Tanam

  • Tanaman duku mampu tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang mengandung unsur organik serta aerasi dalam jumlah yang sangat banyak. Sedangkan pada tanah yang sedikit mengandung unsur organik dan aerasi serta banyak mengandung pasir tidak akan tumbuh dengan baik.
  • Tanah tersebut harus memiliki pH atau keasaman antara 6 – 7, agar tanaman duku dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Pada daerah yang agak basah, tanaman akan tumbuh secara maksimal asalkan air tanahnya tidak melebihi 150 m di bawah permukaan tanah. Akan tetapi, tanaman duku tidak menyukai air tanah yang menggenang karena dapat menghambat proses produksi buah.
  • Selain tanah yang agak basah, tanaman duku juga menyukai tempat yang agak lereng atau miring karena tidak dapat tumbuh dengan baik di tanah yang tergenang air. Jika tumbuh di daerah lereng atau miring maka air hujan akan terus mengalir, membasahi, dan tidak menghasilkan genangan di sekitar tanaman duku.

Syarat Ketinggian Tempat

  • Umunya tanaman duku dapat hidup diantara 0 – 1500 m diatas permukaan laut. Akan tetapi, ketinggian yang pas untuk budidaya tanaman duku adalah tidak lebih dari 650 m diatas permukaan laut. Karena, pada ketinggian tersebut tanaman duku mampu tumbuh dan berkembang serta menghasilkan produktivitas dengan baik.

Baca Juga :

  • Syarat Tumbuh Tanaman Tebu
  • Panduan dan Cara Budidaya Lidah Buaya
  • Manfaat dan Kandungan Kunyit Putih
Sumber : http://agroteknologi.web.id/syarat-tumbuh-tanaman-duku/


0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Duku"

Post a Comment