Keunggulan dan kelemahan Pestisida Organik

Keunggulan dan kelemahan Pestisida Organik – Bagi para pecinta tanaman atau yang menyukai budidaya tanaman pestisida organik merupakan hal yang lumrah digunakan untuk tanaman.

Karena hama dan penyakit sangat sering menyerang tanaman dan hasilnya maka pestisida organik sering digunakan untuk menjaga kualitasnya dan menghindari hasil dari bahan kimia berbahaya.

Definisi Pestisida Organik

pestisida organikPestisida organik adalah pembasmi hama yang dibuat dengan menggunakan bahan organik atau alami seperti dedaunan kering, bawang-bawangan, tanaman pahit dan sejenisnya.

Pestisida organik dapat berupa ekstrak atau juga berupa tanaman yang sengaja ditanam didekat tanaman utama.

Tetapi umumnya orang mengetahui sudah dalam bentuk ekstrak yang lebih mudah untuk pengaplikasiannya. P

enggunannya tinggal di campur dengan air atau dapat langsung digunakan pada tanaman. Selain itu ada bentuk lain seperti diberikan ke tanah seperti pupuk.

Contoh-Contoh Tanaman Pestisida Organik

Beberapa tanaman yang dapat anda gunakan untuk menjadi pestisda organik antara lain.

1. tanaman pepaya ( Carica papaya)

Daun pepaya merupakan tanaman umum yang digunakan untuk menjadi pestisida organik, daun dengan rasa pahit ini dapat membantu membasmi beberapa kutu-kutu daun yang menjadi hama tanaman.

2. Kemangi (Ocimum sanetu)

Tanaman kemangi merupakan tanaman selanjutnya yang sering digunakan untuk membuat pestisida organik, tidak hanya si ekstrak tanaman kemangi juga biasa ditanam sebagai pagar bagi tanaman utama sehingga hama akan sulit menyerang karena wanginya.

Selain itu dapat digunakan sebagai ekstrak cara pembuatannya gunakan daun kemangi segar lalu jemur dan keringan.

Jika daun sudah kering rebus daun hingga mendidih lalu dinginkan dan saring. Sari ataupun hasil saringan dapat digunakan untuk menjadi pestisida organik.

Kumpulkan daun kemangi segar, kemudian keringkan. Setelah kering rebus daun hingga mendidih lalu dinginkan. Jika sudah selesai hasilnya dapat digunakan sebagai pestisida organik.

3. Bawang Putih ( Allium sativum)

Tanaman terakhir adalah bawang putih. Dengan bau yang menusuk dan khas banyak hama dan penyakit mati akibat ekstrak bawang putih yang dijadikan pestisida organik.

Untuk membuat pestisida organik campurkan beberapa bahan seperti bawang putih halus, daun-daunan atau temu-temuan lalu tambahkan air dan mikro organisme pengurai. Jika sudah diamkan beberapa hari lalu siap digunakan.

Kelebihan Pestisida Organik

Setiap produk memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Penggunaan produk disesuaikan dengan selera dan pemikiran pasar apakah lebih banyak manfaat atau justru kerugiannya. Berikut kelebihan dari pestisida organik.

  • karena bahan yang mudah didapat di alam maka pestisida organik ini juga tidak memakan biaya yang mahal.
  • pestisida organik bersifat ramah lingkungan karena sifatnya yang mudah terurai oleh tanah.
  • sangat aman baik bagi tanaman, hasil tanaman ataupun bagi petani itu sendiri dan manusia sekitar yang terkenan polusi air atau udara dari pestisida organik.
  • tidak membunuh hewan predator atau hewan pemangsa hama sehingga tidak salah sasaran terjadinya pembunuhan atau pembasmian.

Kelemahan Pestisida Organik

Sudah hal lumrah jika ada kelebihan maka ada kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang disebabkan oleh Pestisida organik.

  • daya kerjanya yang cukup lambat menyebabkan pestisida organik tidak terlalu ampuh pada tanaman yang terserang hama berat.
  • tidak praktis karena terbuat dari bahan alami jika salah menyimpan justru tidak dapat digunakan.
  • tidak tahan terhadap sinar matahari terlalu terik sehingga aplikasi pestisida harus dilakukan beberapa kali agar pestisida terkena sasaran.

Info Tambahan Pestisida Organik

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kelemahan pestisida organik tentu anda bisa menimbang apakah perlu menggunakan pestisida organik atau tidak.

Jika keadaan belum begitu parah menyerang tanaman ada baiknya menggunakan pestisida organik dulu. Dengan begitu anda dapat melihat hasilnya dan juga tetap aman.

Baca Artikel Lainnya :

  • Cara Pengendalian Hama Penggerek pada Tanaman Kakao
  • Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe Merah
  • Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tomat

Namun jika keadaanya sudah parah dan berat maka anda mungkin dapat menggunakan pestisida dengan kandungan bahan kimia untuk jalan terakhirnya.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/keunggulan-dan-kelemahan-pestisida-organik/


0 Response to "Keunggulan dan kelemahan Pestisida Organik"

Post a Comment