Bagaiamna Cara Pemilahan Biji Kopi Yang Berkualitas?

Bagaiamna Cara Pemilahan Biji Kopi Yang Berkualitas? – Setiap orang memiliki seleranya masing – masing untuk menikmati secangkir kopi, lidah beda rasa beda.

Tapi kalau kualitas pastinya memiliki standar tersendiri yang melalui proses tertentu secara teratur dan beruntun, kopi – kopi tersebut bisa dikatakan sebagi kopi berkualitas.

Kopi bisa dikatakan berkualitas jika semua proses dilakukan dengan benar tanpa kesalahan, mulai dari penanaman, perawatan, pemanenan, penyortiran, penyangraian, pengemasan hingga penyajian.

Untitled

Tetapi jika memang ingin membeli kopi berkualitas seperti cara di atas rasanya cukup ribet, apalagi setiap pedagang pastinya tidak terlalu paham atau mengetahui proses seperti itu. Jadi, jika menggunakan cara tersebut bisa dikatakan tidak mungkin.

Jadi berikut akan saya bagikan tips cara memilih biji kopi yang berkualitas setelah proses panen, baik yang sudah di sangrai maupun belum di sangrai.

  • Pemilihan kemasan

Ketika anda memilih untuk membeli biji kopi yang sudah di sangrai, maka perlu di perhatikan pada kemasannya.

Kemasan yang baik adalah kemasan alumunium karena ketik menggunakan kemasan alumunium terdapat sebuah lubang satu arah yang berfungsi sebagai saluran oksigen keluar agar tidak mengembang dalam kemasan dan akhirnya kemasan pecah.

Hal tersebut terjadi karena ketika kopi di sangrai mengeluarkan banyak oksigen. Jadi jangan sampai anda memilih biji kopi tersebut dalam kemasan plastik, karam di khawatirkan kualitas kopi menurun akibat teroksidasi.

  • Memilih biji kopi

Pada umumnya kopi di jual dalam bentuk bubuk atau masih berupa biji baik sudah di sangrai maupun belum.

Masalah tersebut tergantung dari selera masing – masing. Hanya saja, bagi mereka pecinta kopi sejati akan memilih biji kopi yang masih mentah, karena bagi mereka rasa kopi akan lebih nikmat ketika mereka melakukan penyangraian sendiri kemudian menggilingnya dan  menyeduhnya.

Bagi anda yang memilih biji belum di sangrai, maka perhatikan bentuk fisik kopi. Pilihlah biji kopi yang utuh, tidak berlubang, tidak pecah dan berukuran besar. Kopi tersebut memiliki aroma khas atau aroma alami dari jenis kopi tersebut.

Jika memilih biji kopi yang sudah di sangrai maka pilihlah biji kopi yang berkilauan karena lapisan minyak saat proses penyangraian. Selain itu, cek juga kualitasnya dengan cara menggenggam 2 jenis kopi, jika salah satu terasa berat maka kopi tersebut yang bagus.

  • Menyajikan kopi berkualitas

Tidak akan bisa mengatakan sebuah biji kopi yang di anggap  berkulitas baik jika belum menyeduhnya.

Jadi seduhlah bubuk kopi tersebut dengan air panas bersuhu sekitar 80 derajat celcius, tunggu hingga krema ( busa pada kopi bubuk yang akan keluar ketika diseduh) keluar semua.

Kemudian aduk secara 2 arah, dan jika krema masih muncul, itu berarti kopi tersebut memiliki kualitas baik.

Jika anda memang sengaja mencari kopi dengan kualitas baik dan mencoba – coba apakah kopi tersebut sesuai dengan anda atau tidak, saya sarankan sebaiknya anda membeli biji kopi dalam jumlah sedikit saja sebagi sampel agar anda tidak rugi. Selain itu, anda juga menambah wawasan tentang kopi.

Tetapi sebelumnya anda harus memahami jenis – jenis kopi, memahami bagaimana kopi yang baik dan bukan agar anda tidak salah memilih atau tertipu dengan para penjual kopi misalnya.

Baca Juga :

  • Cara Pemanenan Biji Kopi Yang Tepat
  • Panduan Perbanyakan Tanaman Kopi Dengan Menggunakan Biji
  • Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kopi

Anda juga bisa mengunjung beberapa kedai kopi tepercaya demi mengetahui kopi apakah yang sedang anda cari atau yang cocok dengan anda.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/bagaiamna-cara-pemilahan-biji-kopi-yang-berkualitas/


0 Response to "Bagaiamna Cara Pemilahan Biji Kopi Yang Berkualitas?"

Post a Comment