Peranan dan Manfaat Virus yang Menguntungkan

Peranan dan Manfaat Virus yang Menguntungkan – Virus merupakan organisme mikroskopis yang dapat hidup dimana pun.

Virus merupakan sebua informasi genetik yang hidup dan dikelilingi oleh mantel protein dan dapat berisi struktur eksternal berupa membran.

Virus dalam tatanan biologi merupakan parasit obligat yang intraseluler yang dapat dikatakan bahwa mereka akan membunuhkan sel inang untuk melakukan reproduksi.

klasifikasi bawang daun

Secara siklus, virus akan menginfensi sel yang dapat menyebabkan informasi genetik virus menjadi tersintesis menjadi partikel baru oleh sel.

Contohnya dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti polio, AIDS, cacar, dan herpes.

Secara garis besar, hampir semua jenis virus merugikan manusia karena merupakan parasit intraseluler yang hidup pada sel.

Akan tetapi, berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis virus yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai dimensi kehidupan manusia, antara lain:

  • Dalam bidang teknologi yakni dengan memanfaatkan rekayasa genetik virus dapat dimanfaatkan untuk terapi gen. Terapi gen akan berupaya untuk memperbaiki informasi genetik yakni dengan perbaikan susunan pada basa nitrogen dalam ikatan DNA pada gen. Proses ini akan memperbaiki kelainan gen ADD yang dapat menyebabkan penderitanya tidak mempunyai daya tahan tubuh karena enzim ytang seharusnya dimiliki, yaitu enzim AD menghilang atau tidak ada. Pada terapi ini retrovius digunakan untuk memasukkan gen yang berfungsi sebagai vektor, yakni pengkode enzim AD menuju sel limfosit T yang cacat.
  • Dalam bidang kedokteran, virus dapat digunakan untuk membunuh atau melemahkan bakteri, protoza, maupun jamur yang mempunyai sifat patogen.
  • Dalam bidang pertanian, virus dapat digunakan sebagai pemberantas hama serangga. Karena beberapa virus dapat menjadi parasit dalam beberapa jenis serangga. Caranya adalah dengan pengembangbiakan virus tersebut yang kemudian digunakan untuk megamplikasikannya pada tanaman atau serangga. Contohnya, baculovirus yang digunakan sebagai bioinsektisida yang tidak akan mencemari lingkungan.
  • Dalam kasus lain virus dapat juga digunakan dalam pembuatan vaksin untuk protein, dimana selubung virus dapat diganakan sebagai sebuah protein khusus yang digunakan untuk memacu terbentuknya suatu respon terhadap kekebalan tubuh untuk melawan berbagai macam jenis penyakit yang akan menyerang tubuh.

Baca Juga :

  • Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif
  • Ada Yang Belum tahu dengan Bentuk Bakteri Seperti Apa? Ini dia Beserta Contohnya
  • Macam-Macam Manfaat Bakteri Menguntungkan Bagi Kehidupan Manusia
Sumber : http://agroteknologi.web.id/peranan-dan-manfaat-virus-yang-menguntungkan/


0 Response to "Peranan dan Manfaat Virus yang Menguntungkan"

Post a Comment