Cara Budidaya Bawang Putih Dengan menggunakan Polybag

Cara Budidaya Bawang Putih Dengan menggunakan Polybag – Bawang Putih adalah salah satu bumbu dapur yang wajib ada sebagai penambah cita rasa masakan, apalagi khasiat yang di kandungnya yang sangat banyak membuat bawang putih ini sangat terkenal di masyarakat.

Oleh karena itu, sangat menguntungkan jika di jadikan sebagi ladang bisnis jika di lihat dari beragam manfaatnya dan pasti gunakan setiap hari.

Namun anda jangan berkecil hati hanya karena anda tidak memiliki lahan yang cukup luas sepeti para petani bawang putih pada kenyataannya.

bawang putih

Ada cara lain agar anda bisa menanam si bawang putih ini, tanpa harus menggunakan lahan yang sangat luas.

Anda bisa menggunakan Polybag untuk membudidayakannya, bahkan hasil panen dari polybag ini tidak kalah jika di bandingkan dengan bawang putih yang di tanam pada full tanah. Bahkan cara ini bisa di bilang simpel dan sangat mudah di jalankan.

Berikut saya bagikan cara membudidayakan bawang putih menggunakan media polybag :

1. Tentukan waktu tanam

Sebelum menanam bawang putih, sebaiknya anda tahu kapan waktu yang tepat bawang putih dapat tumbuh dengan baik dan minimal cacat.

Sangat di sarankan menanam bawang putih pada saat matahari bersinar terik misal ketika musim kemarau mungkin, yang terpenting bukan ketika musim hujan.

2. Persiapan benih

Untuk menanam bawang putih benihnya dari si bawang putih sendiri yang masih segar, bisa menggunakan bawang putri yang sudah bertunas atau yang belum bertunas.

Untuk membuat tunas baru anda bisa mengupasnya kemudian menyimpannya dalam kulkas selama 1 hingga 2 Minggu hingga tumbuh kecambahnya. Sedangkan untuk bawang yang bertunas, cukup bawang biasa yang telah dikupas dan langsung di tanam.

3. Siapkan tanah dan Polybag

Tanah adalah salah satu komposisi utama dalam penanaman menggunakan polybag ini, siapkan tanah yang telah bercampur dengan pasir dan juga pupuk kandang, jangan menggunakan tanah liat yang lengket, apalagi bawang putih tidak suka dengan jenis tanah yang lunak. Siapkan juga sebuah Polybag yang siap di isi dengan tanah campuran tadi.

4. Penanaman

  • Masukkan tanah pada polybag secukupnya saja
  • Buat lubang sedalam 2 – 3 cm dan masukkan bawang putih dengan ujung siung di atas tegak, tutup dengan tanah dan sisakan ujung yang tidak tertutup dengan tanah.

5. Perawatan

  • Lakukan penyiraman setiap hari, tetapi jangan sampai kondisi tanahnya mengalami kekeringan atau kelebihan air alias becek.
  • Letakkan di tempat Yat dapat terpapar oleh sinar matahari langsung, karena dapat membantu pertumbuhannya dan menghasilkan hasil yang bagus.
  • Usahakan berikan pupuk seminggu sekali, lebih baik pupuk organik.
  • Pada usia 2 Minggu, pada umumnya daun bawang putih sudah mulai tumbuh, dan pada saat itu juga biasanya banyak hama yang menyerang, oleh karena itu perhatikan dengan jeli setiap daun dan batangnya, karena dapat merusak pertumbuhan si bawang putih.
  • Pada usia 90 – 100 hari, pada umumnya bawang sudah siap panen, jika si bawang bisa tumbuh subur selama penanaman.

Demikian cara pembudidayaan bawang putih menggunakan media polybag, dan cara tersebut bisa di praktekkan oleh anda yang ingin memiliki kebun mini meskipun minim lahan.

Baca Artikel Lainnya :

  • Teknik budidaya tanaman karet untuk pemula
  • Panduan singkat cara budidaya kelapa sawit untuk pemula
  • Cara Menanam dan Budidaya Jahe Merah Dalam Karung

Dengan cara tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk anda yang ingin menghemat pengeluaran bulanan, untuk membeli si bawang putih ini pada pak tukang sayur.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/cara-budidaya-bawang-putih-dengan-menggunakan-polybag/


0 Response to "Cara Budidaya Bawang Putih Dengan menggunakan Polybag"

Post a Comment