Kandungan dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Kandungan dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing – Tanaman kumis kucing adalah salah satu tanaman yang menjadi bahan dasar obat tradisional di Indonesia.

Apalagi setelah di ketahui kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, menjadikan masyarakat memanfaatkan tanaman kumis kucing terutama daunnya untuk mengobati atau mencegah berbagai macam penyakit.

Kandungan tanaman kumis kucing

kandungan manfaat kumis kucing

Tanaman kumis kucing memiliki berbagai macam senyawa kimia yang di butuhkan makhluk hidup lainnya, berikut ini kandungannya :

  • Garam kalium
  • Glikosida Orthosiphonim
  • Mioinositol
  • Minyak atsiri
  • Saponin
  • Sapofonin
  • Sinensetis
  • Zat samak

Manfaat tanaman kumis kucing

Setiap tanaman pasti memiliki manfaat yang dapat membantu manusia untuk hidup, entah daun, akar maupun batang.

Salah satunya taman kuis kucing, tanaman ini bermanfaat untuk keseharian, berikut ini beber[a manfaat tanaman kumis kucing :

  1. Pengeluaran air kemih

Kumis kucing memiliki manfaat untuk melancarkan pengeluaran air kemih / air seni ketika seorang sulit kencing. Bisanya saluran kencing tersebut terinfeksi pada bagian kandung kemih atau salur ginjal manusia.

Penyebab infeksi tersebut karam adanya bakteri Escherishia coli yang biasanya berada atau hidup di kotoran dan usus manusia.

Untuk mengatasi penyakit ini menggunakan tanaman kumis kucing adalah dengan cara merebus 25 gram kumis kucing dengan air 2 gelas selama 15 menitan, baru kemudian di minum ½ gelas pagi dan ½ gelas sore.

  1. Mengobati batuk

Batuk adalah salah satu penyakit yang sudah familia di kalangan masyarakat yang biasanya di sebabkan oleh kuman, debu atau benda asing lainnya merangsang selaput lendir.

Biasanya penyakit batuk di tandai dengan rasa yang gatal pada tenggorokan. Untuk mengatasinya kebanyakan orang menggunakan obat kimia dari dokter, tapi ternyata dengan mengandalkan tanaman tradisional bisa mengobati batuk yang di derita.

Caranya: rebus air putih dengan 15 – 20 gram daun kumis kucing, kemudian minumlah sebanyak 1 gelas tersebut selama pagi, siang dan sore / malam.

  1. Mengobati sembelit

Salah satu manfaat dari daun kumis kucing adalah mengatasi terjadinya sembelit ( gangguan pencitraan yang mengakibatkan pengerasan pada tinja sehingga buang air besar susah ).

Kondisi ini disebabkan oleh buruknya pola makan seseorang atau kurangnya makan makanan berserat misalnya.

Biasanya memasukkan daun kumis dalam daftar obat sembelit dengan cara merebus 1 gelas air putih dicampur dengan beberapa daun kumis kucing hingga mendidih kemudian meminumnya.

  1. Mengobati diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit umum yang di derita masyarakat di berbagai negara. Kondisi ini terjadi karena kadar gula dalam darah lebih atau meningkat efek pankreas tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin.

Mengonsumsi daun kumis kucing menjadi salah satu alternatif pengobatan diabetes, caranya dengan merebus 15 lembar daun kumis kucing yang sudah di cuci bersih bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih atau tersisa 1 gelas, dan diminum 1 kali sehari.

  1. Mengobati gatal karena alergi

Alergi bisa jadi terjadi pada sebagian kasus yang mengakibatkan seseorang terserang rasa gatal yang luar biasa.

Biasanya terjadi karena gagalnya kekebalan tubuh manusia untuk tidak hipersensitif terhadap substansi tertentu.

Baca Juga :

  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Katuk
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kecipir
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kapulaga

Kumis kucing dapat membantu mengobati dengan cara merebus ½ genggam daun kumis kucing di campur dengan daun meniran dan sambiloto serta 2 jari temulawak bersamaan dengan 4 gelas air. Rebus hingga 2 gelas dan minum 2 kali sehari.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/kandungan-dan-manfaat-tanaman-kumis-kucing/


0 Response to "Kandungan dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing"

Post a Comment