Darimanakah Sumber Unsur Hara Nitrogen?

Darimanakah Sumber Unsur Hara Nitrogen? – Nitrogen dapat bersumber dari pupuk buatan pabrik seperti Urea, ZA, dan Amonium Sulfat.

Selain itu udara adalah sumber nitrogen paling besar yang dalam proses pemanfaatannya melalui perubahan terlebih dahulu oleh tanaman.

Nitrogen dapat sampai ke tanah melalui serangkaian mekanisme. Pertama-tama nitrogen dari udara masuk ke dalam tanah dalam bentuk amonia dan nitrat melalui air hujan, setelah itu bakteri pengikat nitrogen akan mengikat unsur ini sehingga dapat dimanfaatkan oleh tanaman.

20160426_194845_resized

Jika kita ingin mengetahui darimana unsur nitrogen ini berasal, kita harus tahu bahwa nitrogen ini sudah menempati 75% dari keseluruhan atmosfer kita.

Jadi dari sanalah sebenarnya nitrogen kita berasal. Walaupun sebenarnya terdapat pupuk dan lain sebagainya yang dapat dijadikan sumber nitrogen, namun dengan jumlah yang ada, sebenarnya kita tidak perlu sumber lain.

Siklus nitrogen merupakan salah satu siklus hara paling penting karena nitrogen digunakan oleh organisme untuk menghasilkan sejumlah zat kompleks seperti asam amino, protein, dan asam nukleat.

Untuk mengetahui sumber dari nitrogen ini, kita harus tahu bagaimana siklus nitogen sehingga unsur ini dapat sampai ke tanah dan diserap oleh tanaman.

Fiksasi Nitrogen

Fiksasi merupakan pengikatan nitrogen yang dilakukan oleh bakteri dan alga (prokariota) tertentu yang mampu mengikat senyawa nitrogen dalam bentuk N2 (nitrogen anorganik) menjadi nitrogen organik dengan mengubahnya menjadi asam amino.

Dengan ini maka keberadaan prokariota pengikat nitrogen sangat penting bagi suatu ekosistem mengingat peranan nitrogen ialah penyusun senyawa protein yaitu berupa asam amino yang menjalankan banyak fungsi vital.

Mayoritas nitrogen ini hadir sebagai penyusun struktur protein, tetapi juga merupakan komponen dari berbagai senyawa biologis lainnya, seperti klorofil dan asam nukleat.

Dengan demikian, untuk pertumbuhan tumbuhan normal dan pengembangan, nitrogen harus dijaga pada tingkat yang cukup tinggi pada tanah.

Organisme yang membantu proses fiksasi adalah bakteri di ekosistem terestrial dan juga bakteri yang bersimbiosis dengan akar tanaman Leguminoceae dan Rhizobium Leguminosa.

Sedangkan organisme akuatik seperti populasi sianobakteria (alga prokariot) yang mampu mengikat nitrogen bebas dari udara masuk ke badan air yang kemudian dapat digunakan tanaman.

Nitrifikasi

Nitrifikasi merupakan reaksi kimia metabolisme amonium (NH4) oleh bakteri nitrit (Nitrosomonas dan Nitrosococus) yang kemudian menghasilkan senyawa nitrit (NO2).

Nitrifikasi juga dapat disebut 2 proses amonia yang berubah menjadi nitrat di dalam tanah. Sedangkan nitrat sendiri adalah bentuk nitrogen anorganik yang dibutuhkan tanaman.

Sedangkan nitrogen dari dalam yang berbentuk organik dari tanaman yang membusuk, limbah organik dan hewan, tidak dapat langsung diserap oleh tanaman.

Nitrogen harus diubah menjadi bentuk anorganik terlebih dahulu agar dapat digunakan.

Denitrifikasi

Denitrifikasi adalah suatu reaksi kimia yang merombak senyawa nitrat menjadi gas nitrogen, yang kemudian dibawa ke atmosfir.

Proses ini dilakukan oleh bakteri denitrifikans yang membantu pengembalian senyawa nitrogen ke atmosfer. Jenis bakteri denitifikans ini adalah Pseudomonas, Bacillus dan Paracoccus.

Amonifikasi

Amonifikasi adalah proses penguraian nitrat menjadi amoniun (NH4) yang merupakan bagian dari siklus Nitrogen dimana amonia diproduksi. Dengan adanya amonia, tanah akan lebih baik bagi tanaman karena akan membuatnya lebih subur.

Proses amonifikasi biasanya berlangsung setelah dekomposisi komponen organik di dalam tanah.

Proses amonifikasi disebabkan oleh berbagai organisme di dalam tanah termasuk bakteri dan jamur yang membantu memecah komponen protein.

Baca Artikel Lainnya :

  • Fungsi dan Peranan Unsur Hara Nitrogen (N) Bagi Tanaman
  • Pengertian dan Definisi Bahan Organik
  • 3 Pengaruh Hujan Asam bagi lingkungan

Hal yang juga tidak kalah penting adalah keberadaan air. Dengan keberadaan air maka tingkat PH akan dipengaruhi. PH terlalu rendah biasanya tidak ideal untuk proses amonifikasi.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/darimanakah-sumber-unsur-hara-nitrogen/


0 Response to "Darimanakah Sumber Unsur Hara Nitrogen?"

Post a Comment