Manfaat dan Peranan Bahan Organik Tanah Bagi Tanaman

Manfaat dan Peranan Bahan Organik Tanah Bagi Tanaman – Sebagai makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang, tanaman juga membutuhkan sumber makanan. Sumber makanan dari tumbuhan didapat dari unsur hara.

Dimana unsur hara ini dapat memberi pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik tanaman.

Maka dari itu keberadaan unsur hara juga harus pada takaran yang pas dan tidak bisa digantikan dengan dengan unsur lainya. Setiap tanaman membutuhkan takaran unsur hara yang berbeda-beda.

sahabatq1

Bahan organik bagi tanaman merupakan unsur esensial dari kebutuhan tumbuh kembang tanaman yang tidak dapat digantikan oleh unsur lainya.

Bahan organik ini diserap oleh tanaman tidak hanya melalui akar saja melainkan juga bisa melalui stomata.

Unsur hara secara garis besar dibagi menjadi dua bagian, yakni unsur hara makro dan unsur hara mikro.

Unsur hara makro adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak. Sedangkan unsur hara mikro adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit.

Unsur hara makro seperti yang kita kenal terdiri dari Nitrogen, Oksigen, Magnesium, Kalium, Karbon, Fosfor, Belerang dan Kalsium. Sedangkan unsur hara mikro meliputi Besi, mangan, Tembaga, Boron, Seng dan Klor.

Jumlah bahan organik pada tanah pada umumnya tidak terlalu besar. Namun dampak yang dihasilkan pada tanah maupun tanaman cukup signifikan.

Pada tanah biasanya bahan organik ini hanya menduduki sekitar 3 sampai 5 persen saja dan itu terdapat di permukaan tanah. Semakin dalam lapisan tanah, bahan organiknya semakin berkurang.

Adapun manfaat bahan organik terhadap pertumbuhan tanaman adalah:

  1. Sebagai granulator atau memperbaiki struktur tanah dimana ini akan sangat bermanfaat bagi tanaman.
  2. Sebagai sumber unsur hara makro seperti Nitrogen, fosfor, Kalium dan lain sebagainya dan juga unsur hara mikro. Bahan organik mengandung unsur hara tersebut dan akan terurai oleh bakteri maupun mikroorganisme dalam tanah dan kemudian dapat dimanfaatkan oleh tanaman.
  3. Dapat membaut kemampuan tanah untuk menahan air lebih baik. Pada lahan gambut misalnya, bahan organik pada lahan gambut dapat menyimpan cadangan air yang sangat besar. Hal itu hampir mirip spon yang dapat menyerap air dan mempertahankanya tetap di dalam.
  4. Dapat menambah kemampuan tanah untuk menahan unsur-unsur hara. Seperti halnya air, unsur hara juga dapat ditahan oleh bahan organik, karena pada dasarnya unsur hara pada tanah sebagian besar dapat larut dan terbawa arus air.
  5. Dapat menjadi sumber energi bagi mikroorganisme tanah. Semakin banyak bahan organik pada tanah, maka semakin kaya tanah dengan mikroorganismenya. Hal ini karena mikroorganisme pengurai tanah akan menguraikan bahan organik yang bermanfaat bagi tanaman sekaligus bermanfaat bagi dirinya sendiri.
  6. Dapat membantu tanaman dalam bertumbuh dengan baik karena akan melengkapi kebutuhan nutrisinya.
  7. Berperan dalam mengurangi sifat buruk liat yang tidak baik bagi tanaman. Tanaman membutuhkan tanah yang gembur dan tidak terlalu padat untuk pertumbuhan akar-akarnya.
  8. Sebagai salah satu indikator kesehatan tanah. Tanah yang sehat memiliki kandungan bahan organik tinggi. Idealnya bahan organik pada tanah adalah sekitar 5%. Sedangkan jika tanah memiliki bahan organik di bawah itu maka dapat dikatakan tanah tersebut tidak sehat. Tanah yang sehat sangat penting bagi tanaman. Terutama bagi mereka yang hendak membudidayakan tanaman tertentu, maka penting untuk mengetahui tingkat kesehatan tanahnya.
  9. Berperan dalam terbentuknya tanauh humus. Bahan organik di dalam tanah terdiri dari bahan organik kasar dan bahan organik halus. Tanah humus terdiri dari bahan organik halus yang berasal dari serpihan bahan organik kasar.

Baca Artikel Lainnya :

  • Faktor yang Mempengaruhi Bahan Organik Tanah
  • Hubungan Bahan Organik dengan Organisme Tanah
  • Pengaruh Bahan Organik Terhadap Fisika Tanah
Sumber : http://agroteknologi.web.id/manfaat-dan-peranan-bahan-organik-tanah-bagi-tanaman/


0 Response to "Manfaat dan Peranan Bahan Organik Tanah Bagi Tanaman"

Post a Comment