Manfaat dan kandungan tanaman singkong

Manfaat dan kandungan tanaman singkong – Singkong merupakan tanaman yang kaya akan gizi dan manfaat. Kini sudah banyak olahan makanan dari singkong yang nilai jualnya lebih tinggi.

Misalnya saja kini ada kripik kentang, lopis, talam, bahkan brownies yang merupakan makanan favorit kebanyakan orang dan nilai jualnya juga tinggi selain memiliki cita rasa yang enak kentang juga memiliki kandungan gizi diantaranya adalah fosfor, karbohidrat, kalsium,  dan protein.

manfaat-singkong

Singkong juga rendah lemak sehingga bagi anda yang sedang diet bisa mencoba olahan singkong yang diolah dengan beraneka ragam dan di kemas dalam bentuk yang menarik sehingga akan menaikkan nilai jual.

Baca Juga :

  • Cara Singkat Budidaya Tanaman Singkong Secara Organik
  • Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Singkong
  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Singkong

Singkong memiliki energi karena kaya akan serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah selain itu singkong juga bisa mengurangi resiko obesitas.

Kentang memiliki harga yan cukup murah namun kaya akan protein sehingga anda jangan terpaku pada protein hewani namun juga protein nabati yang bisa anda peroleh dari tanaman singkong khususnya pada daun mudanya.

Daun singkong kaya akan manfaat diantaranya menambah kecerdasan otak karena memiliki kadar amino yang merupakan media pendukung pergantian karbihodrat menjadi energi yang akan meningkatkan daya tahan tubuh dan kerja otak sehingga bisa memiliki kecerdasan yang maksimal.

Tanaman singkong ini bisa dijadikan untuk berbagai pengobatan seperti diare, sakit kepala, dan juga magh.

Singkong akan membuat anda kenyang dalam waktu yang sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang diet.

Singkong yang diparut dan diperas juga akan menghasilkan cairan berwarna putih yaitu tepung yang bisa dimanfaatkan untuk menangulangi sakit magh.

Singkong juga bisa membuat tulang anda menjadi lebih kuat karena memiliki kandungan magnesium yang  bagus untuk kesehatan dari anak-anak, remaja dan juga orang tua.

Bagi ibu hamil yang membutuhkan vitamin B komplek juga bisa mengkonsumsi singkong yang juga mengandung vitamin B komplek yang baik bagi perkembangan janin yang ada dalam kandungan anda.

Dalam mengkonsumsi bagian dari tanaman singkong anda harus memperhatikan beberapa hal karena bagaimanapun singkong juga memiliki kandungan racun dalam beberapa kasus tertentu.

Singkong yang sudah berubah warna karena sudah lama tersimpan sebaiknya jangan di konsumsi karena sudah terkontaminasi oleh racun.

Daun singkong juga cocok untuk dijadikan olahan sayur yang enak dan segar namun jangan mengolah daun muda dari tanaman singkong tahunan karena sangat riskan.

Dari beberapa hal diatas bisa anda jadikan pertimbangan dalam mengolah singkong agar kaya akan gizi yang juga bisa anda berikan pada buah hati anda yang tentunya lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang mengandung MSG. Singkong akan membuat anda tidak mudah kelaparan.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/manfaat-dan-kandungan-tanaman-singkong/


0 Response to "Manfaat dan kandungan tanaman singkong"

Post a Comment