Teknik Penanganan Pasca Panen Kacang Hijau

Teknik Penanganan Pasca Panen Kacang Hijau – Pemanenan adalah salah satu kegiatan untuk memperoleh hasil.

Teknik penanganan pasca panen bertujuan untuk mendapatkan hasil kacang hijau sesuai dengan harapan.

Tahapan pasca panen yang sesuai standar akan menghasilkan produk kacang hijau yang bermutu nasional. Hasil kancang hijau yang baik biasanya didapatkan melalui penanganan pasca panen sesuai prosedur.

kacang h

Pemanenan

Panen kacang hijau harus dilakukan dalam waktu yang tepat. Pemanenan yang terlalu cepat akan menghasilkan kacang hijau yang lembek karena pertumbuhan belum sampai pada tahap optimal.

Pemanenan yang terlalu lama akan membuat kacang hijau justru berkecambah dan secara otomatis akan menurunkan mutu.

Penentuan masa panen

Pemanenan kacang hijau biasanya tergantung dengan varietas yang ditanam, juga tergantung pada pola perawatan dan kesuburan lingkungan.

Kacang hijau dapat dipanen ketika polong kacang berganti warna menjadi coklat atau kering.

Keterlambatan pemanenan dapat mengakibatkan kuantitas yang menurun karena tercecer di tanah.

Teknik pemanenan

Pemanenan kacang hijau dilakukan secara manual yaitu menggunakan tangan. Kacang hijau yang telah siap panen dipetik dengan cara mengenggam dan mematahkannya.

Usahakan untuk menyertakan batang karena ini merupakan kuncian untuk membuka polong lacing hijau. Panen dapat dilakukan beberapa hari, biasanya ada jeda waktu sekitar 2-3 hari tergantung dengan varietas yang ditanam.

Pengangkutan

Tindakan pengangkutan bertujuan memindahkan hasil panen ke tempat pengeringan atau gudang pemnyimpanan.

Pengangkutan bisa menggunakan alat transportasi seperti gerobak atau truk. Mengangkut hasil panen kacang hijau tidak serumit hasil bumi lainnya.

Pengeringan

Kegiatan pengeringan kacang polong bertujuan untuk mengurangi kadar air yang terkandung di dalamnya.

Pengeringan kacang hijau menggunakan sinar matahari membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pengeringan ini akan mempermudah melepaskan biji kacang polong, bahkan bisa terbuka dengan sendirinya.

Pengeringan juga dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pengering yaitu dryer. Semakin kering akan semakin tahan lama disimpan.

Perontokan

Perontokan kacang polong biasanya dilakukan dengan cara memukul. Perontokan biasanya dilakukan dengan membungkus kacang hijau dengan karung baru kemudian dipukul-pukul.

Yang harus diperhatikan ketika memukul yaitu gunakan kayu yang telah dilapisi dengan ban.

Pelapisan ini akan meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat pemukulan yang terlalu keras. Usahakan juga untuk melapisi bagian bawah ketika melalukan pembijian. Pembijian juga dapat dilakukan dengan bantuan mekanik dengan cara digiling.

Penyimpanan

Sebelum dilakukan penyimpanan lagi, biji kacang polong sebaiknya dijemur lagi hingga kadar airnya tertinggal sekitar 8%. Semakin sedikit kadar airnya, maka penyimpanan dapat dilakukan dalam waktu lama.

Penyimpanan sebaiknya dilakukan dalam karung dan ditempatkan pada area yang kering dengan sirkulasi udara yang baik.

Biji kacang hijau termasuk mudah rusak sehingga ruang penyimpanan harus tersanitasi dengan baik.

Daya tahan biji berbeda-beda antar jenis dan ini juga tergantung cara menyimpannya. Biji kacang hijau bisa disimpan hingga satu tahun dan akan lebih lama lagi jika disimpan dalam cold storage.

Sortasi

Kegiatan sortasi biasanya dilakukan untuk menjaga kualitas kacang hijau tetap sesuai standar.

Sortasi bertujuan untuk melakukan pemisahan biji kacang hijau yang berkualitas baik dan yang mengalami kecacatan selama proses pasca panen.

Selain itu, sortasi bertujuan untuk memisahkan kotoran yang masih menempel pada biji kacang hijau sebelum dikelompokkan menurut jenisnya. Setelah sortasi selesai dilakukan, biji kacang hijau kemudian dikemas.

Baca Artikel Lainnya :

  • Teknik Penanganan Pasca Panen Bawang Merah
  • Teknik Penanganan Pasca Panen Anggur
  • Teknik Penanganan Pasca Panen Apel

Pengemasan ini bertujuan untuk menjaga kualitas kacang hijau tetap optimal. Selain itu, tindakan ini bertujuan untuk mencegah bija kacang hijau berjamur sehingga dapat menurunkan mutu.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/teknik-penanganan-pasca-panen-kacang-hijau/


0 Response to "Teknik Penanganan Pasca Panen Kacang Hijau"

Post a Comment