Mengapa Tanaman Kurma Tidak Bisa Berbuah di Indonesia?

Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan tanaman yang termasuk ke dalam golongan tanaman palma yang buahnya dapat dimakan.

Tumbuhan yang dapat hidup di tempat dengan suhu yang tinggi ini biasanya memiliki pohon deng tinggi sekitar 15-25 meter.

Buah kurma memiliki kandungan yang sangat tinggi dan memiliki berbagai macam manfaat misalnya untuk sumber energi dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

tanaman-kurma

Artikel Terkait :

  • Ciri-ciri Bioma yang Terdapat Di Gurun
  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Terong Ungu

Sehingga, tidak jarang banyak orang yang ingin membudidayakan tanaman tersebut termasuk di Indonesia.

Di Timur Tengah, buah kurma dapat dipanen ketika memasuki bulan Agustus karena cocok dengan lingkungannya.

Buah ini dapat tumbuh dan masak dengan sempurna dengan suhu sekitar 40-50oC sehingga menyebabkan jenis tanaman ini tidak dapat berbuah masak dan sempurna di Indonesia.

Menurut pengalaman dari beberapa orang yang pernah melakukan percobaan untuk menanam kurma, buah yang dihasilkan tidak dapat sebagus buah yang berasal dari Timur Tengah.

Selain perbedaan suhu yang ada di Indonesia dan di timur tengah yaitu suhu di Indonesia biasanya hanya mencapai 33oC namun di Timur Tengah dapat mencapai 40o-50oC, perbedaan lainnya adalah masalah cuaca.

Di Timur Tengah jarang terjadi hujan bahkan jarang mendapatkan curah hujan yang tinggi sedangkan di Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi terutama jika telah memasuki musim penghujan.

Diperlukan sinar matahari yang cukup untuk dapat mematangkan buah kurma yang ditanam. Untuk dapat mendapatkan buah kurma, diperlukan pohon jantan dan pohon betina.

Kurma pertama yang membuat kaget karena dapat berbuah dengan lebat adalah kurma yang berada di kebun belakang dari Pondok Pesantren Darussalam di tahun 2011.

Kurma berumur 7 tahun tersebut dapat berbuah walaupun ukuran pohon yang tidak setinggi di Timur Tengah dan juga buah yang tidak seenak kurma dari Timur Tengah.

Namun, seiring dengan kemajuan zaman dan juga penelitian yang dilakukan berulang kali, pohon kurma dapat ditanam di Indonesia.

Terdapat beberapa jenis kurma yang telah berhasil ditanam di Indonesia, diantaranya yaitu:

  • Kurma ajwa
  • Kurma lulu
  • Kurma amir
  • Kurma nabi

Pada proses pembibitan pohon kurma, tidak berbeda jauh dengan pohon yang lainnya. Setelah pembibitan, pohon kurma dapat ditanam di tempat yang terkena sinar matahari paling banyak. Cara pembibitan yaitu:

  • Cuci biji kurma dan lakukan proses perawatan kurang lebih 30 hari dan polibag berukuran 20/10×30 dengan diisi media tanam dengan komposisi tanah, sekam dan pupuk kandang dengan komposisi 40%, 30% dan 30%.
  • Tanam biji di polibag dengan kedalaman sekitar 2 ruas jari.
  • Siram rutin 2 kali sehari yaitu pagi dan sore dan jangan lupa meletakkan di ruangan yang terkena sinar matahari.
  • Beri pupuk rutin 2 minggu sekali setelah daun pertama tumbuh.
Sumber : http://agroteknologi.web.id/mengapa-tanaman-kurma-tidak-bisa-berbuah-di-indonesia/


0 Response to "Mengapa Tanaman Kurma Tidak Bisa Berbuah di Indonesia?"

Post a Comment