Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe Merah

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe Merah – Ketika seseorang memutuskan untuk membudidayakan cabe, maka mau tidak mau mereka harus mempelajari atau tahu bagaimana cara proses penanaman dan juga cara pengendalian terhadap hama juga penyakit yang menyerangnya.

Berikut saya bagikan beberapa cara pengendalian hama dan juga penyakit yang menyerang tumbuhan cabe.

Beberapa cara pengendalian hama

hama cabe

  • Hama ulat

Ulat grayak (Spodoptera litura) merupakan salah satu ulat yang memakan seluruh daun cabe hanya meninggalkan tulangnnya saja.

Ada juga ulat jenis Spodoptera exiqua dan Helicoverpa sp yang melubangi buah cabe baik masih mentah maupun sudah matang. Berikut pengendaliannya :

  • Pengendalian teknis

Sebaiknya ulat diambili ketika pada malam hari saat mereka berkeliaran, usahakan dilakukan secara menyeluruh dan serempak atau bisa juga di pasangi perangkap imago hama.

Menjaga kebersihan kebun dengan menyiangi Ulm pada bendengan, parit menjadi salah satu cat penanggulangan.

  • Pengendalian kimiawi

Dilakukan penyemprotan menggunakan insektisida pada malam hari, sebaiknya penyemprotan ini dilakukan ketika kondisi sudah mulai parah.

  • Hama tungau

Hama selanjutnya yang menyerang cabe adalah hama Tungau merah (Tetranycus sap) dan Tungau kuning (Polyphagotarsonemus latus), mereka menjadikan daun cabe keriting dan menggulung kepagian bawah, menjadikan tebal dan kaku sehingga pertumbuhan pucuk – pucuk terhambat, akibatnya daun akan berwarna cokelat dan kering serta mati. Berikut cara pengendaliannya :

  • Pengendalian teknis

Cabutlah semua tanaman yang sudah terjangkit dengan hama ini lalu bakar agar tidak menjalar ke tanaman lainnya, jika masih belum parah kondisinya maka potonglah pucuk – pucuknya.

Sebaiknya ketika menanam cabe jangan berdekatan dengan tanaman singkong, karena bisa jadi hama ini berasal dari tumbuhan singkong. Jaga kebersihan juga dapat mengurangi dan mencegah serangga hama tungau.

  • Pengendalian kimiawi

Lakukan penyemprotan dengan menggunakan obat khusus tungau akaridida misalnya. Jangan menggunakan insektisida karena secara fisik bentuk mereka beda.

Beberapa cara pengendalian penyakit pada tanaman cabe :

  • Bercak daun

Bercak daun alah salah satu penyakit yang menyerang cabe, tandanya pada daun ada bercak – bercak bundar berwarna abu – abu dan pinggirnya berwarna cokelat, bahkan parahnya daun akan berwarna kuning dan berguguran.

Jamur cercospora capsici adalah penyebabnya, biasanya menyerang pada musim hujan. Oleh karena itu pilihlah benih yang benar – benar sehat bebas dari patogen.

Berilah jarak yang cukup jauh juga pada setiap tanaman agar tidak lembab. Lakukan pemusnahan dengan cara dibakar jika kondisinya parah serta lakukan penyemprotan menggunakan fungisida.

  • Busuk

Penyakit selanjutnya adalah busuk, busuk sendiri yang menyerang cabe ada 2, yaitu busuk cabang dan busuk kuncup.

Busuk cabang disebabkan oleh Phytophthora capsici yang sering kali menyerang pada musim hujan. Sedangkan busuk kuncup disebbkan oleh Chaonosearum sp, biasanya akibat yang ditimbulkan kuncup akan berubah menjadi hitam dan akhirnya mati.

Cara pengendaliannya adalah dengan mengurangi pemupukan menggunakan nitrogen, urea dan ZA misalnya.

Atur juga jarak antara tumbuhan demi kelancaran sirkulasi udaranya. Jika infeksi sudah parah lakukan pencabutan dan pembakaran, serta semprot juga dengan fungisida yang mengandung perekat.

  • Keriting daun atau mosaik

Penyakit ini disebabkan oleh Cucumber Mosaic Virus (CMV) dengan gejala pertumbuhan taman menjadi kerdil, daunnya menjadi belang hijau tua dan muda, tulang daun menguning, daun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Karena aktivitas serangga dapat menjalar ke tumbuhan lainnya, untuk itu dilakukan penyemprotan terhadap serangganya, bukan penyakitnya. Jika sudah terinfeksi secara parah, maka sebaiknya musnahkan tanaman cabenya.

Baca Artikel Lainnya :

  • Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tomat
  • Cara Pengendalian Penyakit Busuk Pada Buah Kakao
  • Cara Tepat Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Karet

Lakukan pemilihan benih Aung sehat dan lakukan pemupukan secara benar untuk mengurangi resik penyakit keriting ini.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/cara-pengendalian-hama-dan-penyakit-cabe-merah/


0 Response to "Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Cabe Merah"

Post a Comment