Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kopi

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kopi – Demi menghasilkan produksi kopi yang berkualitas maka Perlu dilakukan pengendalian terhadap hama dan penyakit yang menyerang tanaman kopi.

Karena pembudidayaan kopi pasti akan menemui kendala yang disebabkan oleh hama dan penyakit.

Pengendalian hama pada tanaman kopi

hama kpo

  • Hama penggerak buah kopi atau disebut dengan PBKO disebabkan oleh Hypothenernus hampei ferr . hama yang dikenal dengan hama bubuk kopi (BBK) menyerang berbagai jenis kopi mulai dari ujung buah atau biji baik masih berada di pohon maupun sudah jatuh di tanah. Hama yang masih menjadi family Scolytdae dan berodo Coleoptera bisa dikendalikan dengan sanitasi, pembiakan dan juga pelepasan parasitoid cephalonomia stepiana deri dan bisa menggunakan jamur Beaveria basaiana.  Sanitasi dapat dilakukan dengan petik buah (mengambil semua buah yang rusak di pohon), rampasan (pengambilan semua buah yang di panen) dan lelesan (Mengambil buah yang ada di tanah). Untuk pencegahan terjadinya hama ini maka buat atau atur naungan tidak menjadikan kondisi lahad gelap.
  • Kutu hijau (Coccus viridis) atau kutu cokelat (Saesetia Coffee) dikendalikan dengan pemupukan yang seimbang atau dengan menggunakan tepung sivido atau karbaril. Bisa juga dilakukan penyemprotan menggunakan insektisida seperti Anthio 330n EC.
  • Kutu dompalan atau kutu putih disebabkan oleh Planococcus ciri dikendalikan dengan pengaturan dalam penataan naungan atau bisa langsung menggunakan insektisida propoksur seperti Poxindo 50 WP.
  • Penggerak batang merah disebabkan oleh Zeuzera Coffeae dikendalikan dengan memotong batang yang terserang atau dikendalikan dengan cara kimia dan biologis lainnya.
  • Penggerak cabang disebabkan oleh Xylosandrus spp. Sebaiknya dikendalikan dengan memotong atau memangkas ranting yang terserang kemudian di bakar.

Pengendalian penyakit pada tanaman kopi

  • Penyakit karat daun kopi atau lebih sering disebut KDK disebabkan oleh jamur Hemilea vastatrix dan hanya menyerang kopi arabika. Penyerangan penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak kuning muda kemudian berubah menjadi kuning tua pada permukaan bawah daun. Pada bercak – bercak tersebut akan muncul serangan tepung berwarna Jingga cerah yang terdiri dari Urediospora (spora yang memegang peranan penting dalam penyebaran jamur ini). Bercak – bercak tersebut lama – kelamaan akan berubah warna menjadi cokelat tua sampai menghitam dan mengering. Parahnya lagi bercak akan menyebar pada seluruh bagian daun yang menyebabkan daun gugur dan mengalami gundul ketika penyerangan terjadi parah. Uredispora sendiri akan menginfeksi daun tanaman kopi dari mulut kulit daun bagian bawah melalui angin, air, manusia, burung atau serangga dan ketika mengalami fase berkecambah, dia membutuhkan air dengan kondisi sekitar antara 21 – 25 derajat celcius. Lakukan penyemprotan dengan varietas tahan, kultur teknis dan pestisida kimia. Sebaiknya lakukan penyemprotan hanya pada bagian yang terserang saja.
  • Bercak daun dapat dikendalikan dengan pemberian naungan yang tepat usahkan tidak membuat tanaman lembab atau dengan penyemprotan menggunakan Bavistin 50 WP misalnya.
  • Busuk buah dan busuk cabang bisa dikendalikan dengan pemetikan buah yang terserang kemudian di bakar atau dipendam. Bisa juga dengan pemberian fungisida seperti Delsene MX 200.
  • Jamur upas dapat dikendalikan dengan memotong batang yang sakit kemudian membakarnya atau langsung menggunakan fungisida seperti Calixin Rp
  • Jamur akar cokelat dapat dikendalikan dengan membongkar akar tanaman yang terserang kemudian membakarnya dan bekasnya tersebut jangan ditanami hingga 2 tahun minimalnya.

Penyakit rebah batang bisa dikendalikan dengan penaungan diatur agar tanaman bisa terkena sinar matahari secara cukup atau dengan penyemprotan pada bibit menggunakan Delsene MX 200.

Baca Artikel Lainnya :

  • Panduan Perbanyakan Tanaman Kopi Dengan Menggunakan Biji
  • Cara Perbanyakan Tanaman Kopi Dengan Menggunakan Metode Stek
  • Bagaimana Cara Membuat Kopi Luwak Diproduksi?
Sumber : http://agroteknologi.web.id/cara-pengendalian-hama-dan-penyakit-pada-tanaman-kopi/


0 Response to "Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kopi"

Post a Comment