Jenis-Jenis Umbi

Jenis-Jenis Umbi – Umbi merupakan organ pada tumbuhan yang akan mengalami perubahan ukuran dan bentuknya terbentuk dari perubahan ukuran dank arena fungsinya yang berubah.

Perubahan tersebut Berdampak pula pada perubahan anatomi tumbuhan tersebut. organ yang terdapat dalam umbi adalah batang, dan akar serta modifikasinya.

Hanya sebagian kecil tanaman yang melibatkan daun dalam pembentukan umbinya. Selain itu sebagian besar jenis tanaman umbi-umbian dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan akan makanan pokok.

Untitled

Ini dikarenakan jenis umbi-umbian tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang yang cukup tinggi dalam bentuk patinya.

Selain itu kandungan serat yang ada dalam jenis makanan tersebut juga tergolong cukup tinggi. Sayangnya memang tidak semua orang menjadikan sebagai sumber makanan pokok, dikarenakan anggapan sebagian masyarakat yang menganggap kurang berkelas.

Walaupun masih ada saja yang beranggapan rendah kepada orang-orang yang menganggap sarapan sejenis-umbi-umbian misalnya ubi, singkong, dan sejenisnya sebagai makanan orang  kelas rendah.

Sebenarnya dilihat dari sisi ciptaan Allah baik umbi-umbian maupun manusia sama-sama ciptaanNya. Oleh karena itu bila menganggap rendah temannya suatu saat nanti kita pun akan direndahkan kembali dengan orang lain.

Jenis umbi-umbian bagi sebagian masyarakat yang menggunakannya sebagai bahan pokok kebutuhannya banyak yang dibudidayakan.

Selain karena manfaat karbohidrat yang ada didalamnya, hal lainnya adalah karena kadar gula yang ada dalam jenis umbi-umbian tidak sebanyak yang ada pada nasi.

Ubi jalar, singkong hingga kentang dan talas merupakan jenis umbi-umbian yang banyak dibudidayakan. Jenis lainnya seperti uwi, gadung hingga gembili pun ada yang diberdayakan walaupun memang jenis umbi-umbian tersebut tidak selalu ada di setiap daerah.

Di daerah bandung terdapat sebuah desa yang sudah menjadikan singkong sebagai bahan makanan pokok pengganti beras.

Mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam menggunakan bahan dasar singkong yang dihaluskan menjadi tepung singkong. Tidak hanya itu saja hingga untuk makanan kecil pun dibuat dari bahan dasar singkong.

Baca Artikl Lainnya :

  • Penjelasan dan Jenis-jenis Benang Sari
  • Penjelasan Mengenai Batang
  • Pengertian, Dan Bagian-Bagian Putik

Prinsip yang diterapkan oleh kepala desa tersebut adalah Alam sudah memberikan sumberdayanya untuk kehidupan, oleh karena itu perlu dikelola dengan baik kegunaannya.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/jenis-jenis-umbi/


0 Response to "Jenis-Jenis Umbi"

Post a Comment