Klasifikasi dan morfologi Catfish Dumbo

Klasifikasi dan morfologi lele Dumbo (Clarias gariepsinus Bursell) - ikan lele dumbo adalah jenis ikan yang pertama kali ditemukan di Afrika tersebar luas di berbagai daerah, serta ikan ini pertama kali tiba di Indonesia pada tahun 1984 untuk membuat lele dumbo lele masih dalam nama latin Clarias batrachus lokal yang bentuk tubuh dan berat badan sangat proporsional jauh lebih tinggi dari lele biasa. Dengan demikian, lele dumbo sangat populer bagi banyak petani, yang tumbuh dan berkembang di berbagai bidang.

1 Selain itu, lele dumbo memiliki nilai gizi yang tinggi dan protein hewani yang sangat tinggi juga, dan memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi daripada lele lokal. . Namun, menurut Djatmika et al, 1986 mengatakan bahwa ikan lele dumbo dapat mengklasifikasikan, struktur dan klasifikasi berdasarkan posisinya sebagai berikut:

Penyortiran lele Dumbo

kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kategori: Pisces

Order: Ostariophysi

Keluarga: Claridae

Genus: Clarias

Spesies: Clarias gariepsinus Bursell

struktur lele DumboC

Menurut Puspowardoyo dan Djarijah 2002 mengatakan bahwa lele dumbo memiliki struktur yang sangat mirip dengan lele lokal (Clarias batrachus). Bentuk tubuh panjang, bulat, sedikit meningkat kepala, tidak sisik, memiliki kulit halus, ada bercak warna kulit - bercak putih keputihan kecoklatan -. Gray

Pada saat yang sama, menurut lele 1994 Santoso Afrika memiliki empat pasang sungut yang terletak di sekitar mulut yang terdiri dari dua sungut hidung, rahang bawah Eksternal sungut dua, sungut mandibular dalam dua bagian, serta Maxim dua. Selain itu, bagaimana menemukan ikan dibantu oleh dua cara:. Dengan bau dan rabaanya (tentakel) gerakan pada bagian dari tentakel bagian terutama mandibulur

Menurut Santoso pada tahun 1994 juga mengatakan bahwa lele dumbo memiliki lima sirip terdiri sirip berpasangan (ganda) dan satu sirip. Beberapa sirip dada dan sirip perut. Sementara satu sirip punggung sirip (dorsal), ekor (bawah) dan sirip anal (dubur). Sirip makan dilengkapi dengan poros yang tidak racun, bentuk runcing pendek dan juga tumpul.

Baca juga: Cara Menumbuhkan Rumput Gajah Mini

Sumber : http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-ikan-lele-dumbo/


0 Response to "Klasifikasi dan morfologi Catfish Dumbo"

Post a Comment