Ciri khusus tanaman hias kantong semar

Ciri khusus tanaman hias kantong semar – kantong semar merupakan tanaman yang tumbuh di wilayah tropis dengan iklim lembab dan basah.

Tanaman kantong semar termasuk tanaman yang sangat unik karena merupakan kategori tanaman pemakan serangga atau insektivora.

Tanaman ini berevolusi menyesuaikan dengan lingkungan habitatnya yang merupakan area rawa dan berlumpur.

Untitled

Pada area ini tanaman kantong semar sulit mendapatkan nitrogen, karena itu kebutuhan nitrogen tanaman tersebut didapatkan melalui mengkonsumsi serangga yang terperangkap dalam kantung semar tersebut.

Tanaman kantong semar banyak ditemukan di pulau Kalimantan dan pulau Sumatra, dan ukuran tanaman tersebut bisa mencapai 15m hingga 20m, memang cukup besar untuk ukuran tanaman insektivora.

Bentuk yang khas dari tanaman kantong semar adalah bentuknya yang menyerupai kantong yang dimiliki tokoh wayang bernama semar.

Terdapat banyak sekali jenis dari tanaman ini dan masing-masing jenis memiliki ciri fisisk dan ukuran yang berbeda-beda, hanya saja diantara semua jenis mereka miliki ciri yang sama, dan beberapa ciri yang sama dan umum di jenis tanaman kantong smar adalah :

  • Memiliki kantong yang mirip dengan kantong tokoh wanag bernama semar
  • Kantong tersebut digunakan untuk memperangkap serangga yang tertarik dengan nectar yang dihasilkan di sekeliling bibir kantong untuk kemudian serangga itu dicerna dalam kantong
  • Menghasilkan nectar yang harum dan manis untuk memancing srangga atau hewan kecil lainnya

Hamper seluruh tubuh kantong semar merupakan kantong itu sendiri yag memiliki bentuk seperti piala dengan dinding yang tingggi, pada beberapa jenis tanaman kantong semar terdapat tutup di bagian atasnya. Dan beberapa jenis juga memiliki warna yang cantik disbanding jenis lainnya.

Biasanya terdapat nectar yang dihasilkan dari kelenjar di bagian bibir kantong, nectar ini digunakan untuk menarik serangga atau hewan kecil lainnya untuk mendekat dan mengambil nectar tersebut.

Pada saat mengumpulkan nectar inilah kaadang serangga yang kurang hati-hati akan jatuh ke dalam kantong semar.

Baca Artikel Lainnya :

  • Cara Mudah Dalam Budidaya Tanaman Jengkol
  • Macam-Macam Manfaat Bakteri Menguntungkan Bagi Kehidupan Manusia
  • Cara Budidaya Tanaman Kumis Kucing

Pada bagian kantong tersebut serangga yang terjebak kemudian akan dicerna dengan menggunakan enzim pencernaan guna menguraikan serangga tersebut ke dalam zat yang lebih mudah dicerna oleh kantong semar.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/ciri-khusus-tanaman-hias-kantong-semar/


0 Response to "Ciri khusus tanaman hias kantong semar"

Post a Comment