Faktor yang Mempengaruhi Bahan Organik Tanah

Faktor yang Mempengaruhi Bahan Organik Tanah – Keberadaan bahan organik dalam tanah sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Tanpa adanya bahan organik di dalam tanah tanaman tidak akan dapat tumbuh dengan subur dan maksimal pertumbuhanya.

Bahan organik ini juga berhubungan dengan ketersediaan unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak. Belum lagi unsur hara yang lain.

semut

Mikroorgnisme yang dapat menyuburkan tanah pun juga bergantung pada ketersediaan bahan organik ini.

Bahan organik akan menjadi habitat yang ideal bagi mikroorganisme tanah untuk dapat tumbuh dan berkembang sehingga tanah dapat disuburkan.

Namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketersediaan bahan organik di dalam tanah.

Faktor-faktor tersebut dapat menambahi juga dapat mengurangi keberadaanya. Untuk penjelasan lebih detilnya dapat dilihat uraianya di bawah ini:

Kedalaman Tanah

Salah satu keunikan dari bahan organik ini adalah walaupun keberadaanya sangat berpengaruh terhadap tanaman maupun bagi tanah itu sendiri, bahan organik ini ternyata hanya dibuthkan dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Keberadaan bahan organik di dalam tanah sebesar 3 sampai 5 persen saja sudah dapat dikatakan ideal untuk tanah yang subur.

Selain itu, keunikanya adalah bahan organik ini hanya ada di permukaan tanah. Artinya, semakin dalam lapisan tanah maka semakin sedikit bahan organiknya.

Faktor Iklim

Suhu dan curah hujan dapat mempengaruhi keberadaan bahan organik di dalam tanah.

Semakin rendah suhu suatu daerah maka akan semakin banyak bahan organik yang dapat ditemukan.

Begitu jika kelembaban suatu daerah cukup tinggi maka akan tinggi pula kandungan bahan organik di dalam tanah.

Maka dari itu daerah yang mempunyai cukup curah hujan tanahnya akan cenderung subur.

Berbeda dengan kondisi tanah yang jarang terkena hujan yang cenderung tandus karena berkurangnya bahan organik di dalam tanah.

Faktor Tekstur Tanah

Tekstur pada tanah juga dapat mempengaruhi kandungan bahan organik dalam tanah.

Tanah yang mengadung banyak pasir akan mempunyai tingkat oksdasi yang tinggi sehigga bahan organik akan mudah hilang atau cepat habis.

Sebaliknya, tanah yang mengandung banyak liat memiliki tingkat oksidasi yang rendah sehingga keberadaan bahan organik di dalam tanah dapat dipertahankan dengan baik dan tidak cepat habis.

Faktor Drainase

Semakin baik drainase maka semakin mudah bahan organik dalam tanah dapat larut.

Sedangkan jika drainase di suatu lahan tidak cukup baik dalam mengalirkan air maka bahan organik dapat diselamatkan untuk tidak ikut larut dalam aliran air.

Faktor Vegetasi

Faktor vegetasi juga dapat mempengaruhi keberadaan unsur hara di dalam tanah.

Hal ini terutama vegetasi penutup tanah dimana ia berfungsi untuk melindungi bahan organik tersebut dari terpaan air hujan yang bisa menyebabkan erosi.

Faktor Penggunaan Lahan

Bahan organik di dalam tanah juga dipengaruhi oleh penggunaan lahan. Jika suatu lahan digunakan untuk kegiatan pertanian atau pembudidayaan suatu tanaman, tentunya bahan organiknya akan ditingkatkan.

Sebaliknya, jika suatu lahan digunakan untuk hunian atau suatu bangunan tertentu maka bahan organiknya akan cenderung berkurang.

Faktor Kegiatan Manusia

Faktor inilah yang saat ini sendang mengkhawatirkan terhadap keberadaan bahan organik di dalam tanah.

Banyaknya pembukaan lahan dan pencemaran tanah membuat kegiatan manusia merupakan faktor yang sangat mengancam keberadaan bahan organik ini di dalam tanah.

Baca Artikel Lainnya :

  • Hubungan Bahan Organik dengan Organisme Tanah
  • Pengaruh Bahan Organik Terhadap Fisika Tanah
  • Dari Manakah Sumber Unsur Hara Fosfor?

Namun kegiatan manusia juga dapat berdampak sebaliknya yaitu dapat mempertahankan keberadaan bahan organik di dalam tanah. Hanya saja saat ini kegiatan manusia lebih banyak yang mengancam keberadaan bahan organik ini di dalam tanah.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/faktor-yang-mempengaruhi-bahan-organik-tanah/


0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Bahan Organik Tanah"

Post a Comment