Jenis dan Macam Lumut

Jenis dan Macam Lumut – Tumbuhan lumut atau nama latinnya Bryophyta tumbuh dimana-mana, terutama di tempat lembab seperti di tepian sumur, tembok, dan tanah.

Tumbuhan lumut memiliki sekitar 16.000 species yang terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

Lumut Hati (Hepaticopsida)

Lumut hati adalah salah satu jenis lumut yang tumbuh di tempat lembab dan basah, biasanya mereka hidup di tanah.

lumut

Lumut hati memiliki nama latin Hepaticopsida  yang memiliki anggota lebih 6.000 species. Bentuknya lembaran bergelombang seperti bentuk hati dan memiliki klorofil sehingga bisa berfotosintesis.

Biasanya spora yang dihasilkan oleh sporofit terbawa oleh air hujan akan tumbuh di tempat lain. Gametofit lumut hati bercabang menggarpu yang beberntuk pita lebar sekitar 1-1,5 cm.

Contoh lumut hati : Reboulia hermisphaerica, Pellia calycina, dan Riccardia indica. Tumbuhan lumut hati juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan obat tradisional, seperti obat radang hati (Marchantia Polymorpha).

Lumut tanduk (Anthocerotae)

Lumut tanduk memiliki nama latin Anthocerotae yang memiliki anggota sekitar 300 species.

Lumut ini bentuknya mirip dengan lumut hati, namun memiliki perbedaan pada bentuk sporofit, karena bentuk sporofit yang dimiliki lumut tanduk berupa kapsul yang mengandung kurtikula.

Lumut tanduk hidup di tanah atau bebatuan yang memiliki tingkat kelembabapan tinggi.

Gametofitnya berbentuk tipis, lebar dan berlekuk berupa talus sederhana. Contoh lumut tanduk : Anthocerospunctatus, Falioceros dan Phaeoceros laevis.

Lumut Daun (Bryopsida)

Lumut daun dikenala dengan bahasa latin Bryopsida adalah salah satu tumuhan lumut yang banyak menyebar di seluruh bumi sekitar 3% sebanyak 10.000 spesiesan.

Lumut daun adalah lumut sejati karena memiliki akar (Rizoid), batang serta daun. Biasanya mereka tumbuh di tanah, batu, tembok yang lembab dan berdiri tegak dengan tinggi sekitar 10 – 40 cm serta hidup berkelompok. Lumut daun memiliki sifat yang mirip dengan busa, karena bisa menyerap air dengan baik.

Contoh lumut daun : Dichodontium, Polytrichum commune dan Sphagnum squarrosum.

Demikian jenis – jenis lumut, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

  • Pengertian dan Definisi Tanah Gambut
  • Struktur Akar Tumbuhan
  • Pengertian dan Jenis Tanah Humus
Sumber : http://agroteknologi.web.id/jenis-dan-macam-lumut/


0 Response to "Jenis dan Macam Lumut"

Post a Comment