Pengertian dan Unsur-unsur Xilem pada tanaman

Pengertian dan Unsur-unsur Xilem pada tanaman – Xilem atau sering juga disebut sebagai pembuluh kayu merupakan salah satu jaringan penting yang terdapat di dalam tanaman dengan ciri utama memiliki pembuluh Tracheophyta.

jaringan ini berfungsi untuk menghantarkan bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan proses fotosintesis berupa mineral dan air dari akar ke daun.

Xilem terbentuk dari beberapa jaringan pengangkut kompleks dengan bentuk sel yang berbeda-beda, secara umum susunan xilem terbuat dari sel-sel mati yang masih memiliki membran dan selnya mengandung lignin serta memiliki dinding sel tebal.

xilem

Selain bertugas sebagai pengangkuat bahan-bahan fotosintesis, xilem juga berperan sebagai penguat jaringan pada tubuh tanaman.

Pergerakan air dan mineral pada xilem bersifat pasif, karena xilem tersusun dari beberapa sel mati yang mengayu atau mengalami lignifikasi.

Sehingga secara langsung, xilem tidak mempengaruhi penyaluran air dan mineral dalam proses pengangkutan. Sebab, faktor utama penggerak bahan fotosintesis merupakan transpirasi.

Serta adanya faktor tekanan pada akar yang disebabkan oleh perbedaan masa air, karena air yang berada di dalam jaringan akar dengan tanah sekitar tanah berbeda.

Sehingga gaya kapilaritas hanya mampu membantu mendorong air dan mineral mencapai ketinggian tertentu saja, tetapi tidak membantu pergerakannya secara signifikan.

Unsur-unsur xilem

Trakeid

Trakeid memiliki dua fungsi utama, yaitu berfungsi sebagai penghantar air dan mineral serta sebagai penopang tubuh tanaman.

Unsur ini terdiri atas sel-sel dengan bentuk lubang yang sempit, karena mengalami penebalan-penebalan pada dindingnya dan lebih tebal dari pada yang terjadi pada trakea.

Selain itu, sel-sel trakeid sebagian besar hanya mengalami penebalan sekunder yang disebabkan oleh lumen tidak memproduksi sel protoplas lagi.

Trakea

Trakea atau komponen pembuluh tercipta dari sel-sel dengan bentuk silinder, namun setelah sel tersebut menjadi dewasa akan mati dan ujung-ujungnya akan saling bersatu menghasilkan sebuah saluran penghantar air dan mineral yang disebut pembuluh.

Saluran tersebut memiliki lubang-lubang pada dindingnya dan air dapat dengan bebas pindah dari satu sel ke sel lain, sehingga strukturnya mirip sebuah talang.

Ciri utama pada trakea antara lain, memiliki ukuran lebih besar dari pada sel trakeid. Memiliki bentuk mirip untaian dari selsel longitudinal yang memanjang, penebalan terjadi karena zat lignin yang tipis dibandingkan trakeid.

Parenkim Xilem

Parenkim xilem tersusun dari beberapa sel yang masih hidup, yang dapat ditemui pada xilem primer dan sekunder.

Pada xilem primer terdapat dua jenis parenkim, yaitu protoxilem dan metaxilem. Sedangkan xilem sekunder juga dapat dibedakan menjadi dua jenis parenkim, yaitu parenkim jari-jari empulur dan parenkim kayu.

Pembuluh Xilem primer

Xilem primer merupakan pembuluh yang terbentuk dari prokambium, dan terbagi menjadi Proxilem dan Metaxilem.

Protoxilem adalah xilem pertama yang terbentuk, kemudian berdiferensiasi pada bagian primer yang belum selesai tumbuh.

Sedangkan Metaxilem adalah xilem yang terbentuk saat tubuh primer sedang tumbuh dan mulai berkembang.

Pembuluh Xilem Sekunder

Xilem sekunder merupakan pembuluh xilem yang terbentuk dari kambium dan memiliki bentuk mirip sel jari-jari, sehingga sel-sel berbentuk panjangnya dan mengikuti arah jari-jari organ.

Baca Artikel Lainnya :

  • Ini Bedanya Jaringan Xilem dan Floem pada tanaman
  • Struktur Akar Tumbuhan
  • Pengertian Jaringan Parenkim pada Tanaman
Sumber : http://agroteknologi.web.id/pengertian-dan-unsur-unsur-xilem-pada-tanaman/


0 Response to "Pengertian dan Unsur-unsur Xilem pada tanaman"

Post a Comment