Kandungan dan Manfaat Tanaman Adas

Kandungan dan Manfaat Tanaman Adas – Tanaman adas sudah dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu bahan obat tradisional yang mengandung berbagai macam kandungan bermanfaat, sehingga dapat di gunakan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Berikut ini akan saya sebutkan beberapa kandungan adas dan beberapa manfaat dari adas.

Kandungan adas

manfaat adas

Adas mengandung banyak sekali gizi yang sangat bermanfaat, berikut ini beberapa kandungan adas :

  1. Vitamin C
  2. Vitamin E
  3. Minyak atsiri
  4. Anetol
  5. Vitamin B6
  6. Dipenten
  7. Felandren
  8. Metil
  9. Pinen
  10. Cineole
  11. Air
  12. Magnesium
  13. Asam amino
  14. Kalium
  15. Zat besi
  16. Serat
  17. Lemak
  18. Gula
  19. Sodium
  20. Karbohidrat
  21. Minyak esensial

Manfaat tanaman adas

Berdasarkan kandungan yang dimilikinya, membuat tanaman adas ini memiliki segudang manfaat dan banyak penyakit yang dapat di atasi. Beberapa penyakit tersebut adalah:

  1. Mengatasi perut kembung

Salah satu sifat adas adalah antiflatulent yang mana kondisi ini dapat mengurangi produksi gas berlebih dalam perut. Jadi sangat disarankan uruk menggunakannya sebagai obat tradisional mengatasi perut kembung.

  1. Mengobati anemia

Salah satu ciri anemia adalah Hb menurun, maka dapat di atasi dengan menggunakan tanaman adas. Apalagi diketahui bahwa tanaman adas mengandung zat besi dan zat histidin yang dapat merangsang produksi Hb dan produksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Salah satu kandungan adas adalah vitamin c yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

  1. Mengobati sakit jantung

Adas mengandung serat uang tepatnya berada pada bijinya. Serat tersebutlah yang dapat menjaga kestabilan kolesterol baik atau disebut dengan HDL dan juga dapat menurunkan LDL di dalam tubuh. Ketika kolesterol stabil, maka akan menjaga tubuh dari banyak penyakit misalnya jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Adas mengandung kalium yang dapat meningkatkan fungsi otak seseorang. Konduksi listrik dalam tubuh akan meningkat  seperti konduksi listrik dari tubuh ke otak. Karena kalium tersebut maka fungsi otak dan kemampuannya akan meningkat secara kognitif dari otak dan dapat juga melancarkan aliran oksigen ke otak, sehingga fungsi otak seseorang meningkat pula,

  1. Mengobati biduran

Biduran atau rasa gatal bisa jadi timbul sewaktu – waktu pada seseorang, maka jika seseorang mengalaminya dapat mengobatinya dengan adas, karena adas memiliki zat metil yang dapat menghilangkan rasa gatal dan pembengkakan.

  1. Menyehatkan mata

Taman adas mengandung antioksidan yang tinggi, hal ini dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada mata hingga dapat mengurangi gangguan pada mata.

  1. Mencegah kanker

Adas mengandung zat flavonoid, alkaloid dan fenol yang memiliki manfaat untuk melindungi sel tubuh dari sel – sel kanker. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya kanker seperti sel kanker hati dan pusara.

  1. Melancarkan haid

Anda yang sering mengalami haid secara tidak teratur sangat disarankan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi biji adas dan mentimun yang di rebus , kemudian minum selama menstruasi.

  1. Mengatasi gangguan pernafasan

Salah satu kandungan pada adas adalah Cineole dan anetol yang dapat menghilangkan dahak hingga menjadikan longgar pada salam pernapasan. Dengan begitu berbagai macam penyakit yang kaitannya dengan pernafasan dapat di atasi, seperti batuk dan bronkitis.

Baca Juga :

  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Jahe
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kencur
  • Beberapa Manfaat Tanaman Gambir Untuk Kesehatan

Cara mengatasinya dengan cara merebus tanaman adas dan mengonsumsinya setiap hari.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/kandungan-dan-manfaat-tanaman-adas/


0 Response to "Kandungan dan Manfaat Tanaman Adas"

Post a Comment