Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Sirih

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Sirih – Senang sekali kita bisa jumpa di web ini. Kali ini kita akan membahas tentang klasifikasi beserta morfologi dari salah satu tanaman herbal yang kini sudah cukup mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar kita. Tanaman itu adalah tanaman daun sirih.

Seperti apakah klasifikasi si tanaman daun sirih? Seperti apakah kira-kira morfologi dari tanaman sirih? Yowis, langsung aja yuk kita simak.. Selamat membaca ya..

morfologi sirih

Klasifikasi Tanaman Daun Sirih:

  • KingdomTanaman Daun Sirih : Plantae ( Tumbuhan )
  • SuperkingdomTanaman Daun Sirih : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )
  • Super DivisiTanaman Daun Sirih : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
  • DivisiTanaman Daun Sirih : Magnoliopsida ( Tumbuhan berbunga )
  • KelasTanaman Daun Sirih : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )
  • Sub kelasTanaman Daun Sirih : Magnoliidae
  • Ordo Tanaman Daun Sirih: Piperales
  • FamiliTanaman Daun Sirih : Piperaceae ( suku sirih – sirihan )
  • GenusTanaman Daun Sirih : Piper
  • SpesiesTanaman Daun Sirih : Piper betle L.

Morfologi Dari Tanaman Daun Sirih

  1. Bagian Akar

Akar dari tanaman daun sirih jenisnya tunggang, dan bila diperhatikan akar ini berbentuk bulat memanjang, dengan tumbuhan tunas baru yang cukup banyak, memiliki warna kecokaltan hingga warna kekuningan dan bertumbuh dengan menjalar.

  1. Batang Tanaman Daun Sirih

Batang tanaman ini bulat memanjang, dengan pertumbuhan yang dapat mencapai ketinggian antara 5-15 m, tumbuh dengan menjalar atau merambat ke media perambat.

Selain itu, batang tanaman sirih ini juga bersulur, berbuku, beruas, dengan jarak antara 5-10 cm, dan memiliki pertunasan batang yang banyak pada bagian batangnya. Secara umum, batang ini memiliki warna kecoklatan hingga warna yang sedikit kehijauan.

  1. Bagian Daun

Daun tanaman sirih memiliki bentuk bulat oval seperti telur. Pangkal dari daunya berbentuk hampir menyerupai bentuk jantung, pertulangan daunya menyirip, permukaan pada bagian tepinya merata, dan juga memiliki bulu pada permukaan bagian bawah tanaman.

Daun ini konturnya tebal, dengan lebar daun 2-10 cm, panjang daun 5-15 cm berwarna kehijauan muda hingga hijau tua.

  1. Bunga Tanaman Daun Sirih

Bunga dari daun sirih ini termasuk majemuk, perbungaan dari sirih ini termasuk bulir-bulir yang berdiri dengan sendirinya yang terdapat pada cabang daun yang lokasinya berhadapan.

Bulir ini cukup lengkap yakni bulir jantan dan bulir betina, si bulir jantan memiliki panjang yang mencapai 1-3 cm, benang sari yang pendek.

Sedangkan bulir betina tanaman ini memiliki panjang 2-6 cm dan panjang si kepala putik mencapai 3-5 cm, pada umumnya bunga tanaman daun sirih memiliki warna merah muda kemerah-merahan tua serta sedikit keputihan.

  1. Buah Tanaman Daun Sirih

Buah tanaman daun sirih ini memiliki bentuk bulat yang menyerupai telur kecil, dengan bagian-bagian ujung yang gundul, memiliki warna ke abu – abu an hingga kehitaman, dan terdapat bulu yang cukup banyak.

Selain itu, di dalam buah terdapat biji didalamnya dengan bentuk yang bulat, pipih serta memiliki warna kehitaman yang dapat mencapai sekitar 10-20 biji perbuahnya.

Baca Juga :

  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kunyit Putih
  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lada
  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Bagaimana? Bertambahkah pengetahuanmu? Moga dengan adanya artikel ini, kamu tak lagi kesulitan untuk membedakan yang mana tanaman daun sirih ya.. mungkin di artikel yang lain akan kami jelaskan tentang manfaat yang bisa kamu peroleh dari tanaman sirih dalam dunia medis.

Baiklah, mungkin cukup sekian dulu ya penjelasan mini kami pada artikel ini tentang Klasifikasi dan morfologi tanaman daun sirih..

Thank you and, See you next post!

Sumber : http://agroteknologi.web.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-daun-sirih/


0 Response to "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Daun Sirih"

Post a Comment