Cara Menanam Dan Merawat Bunga Melati Di Pot

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Melati Di Pot – Bunga melati yang cantik dan memiliki aroma wangi yang sangat eksotis ini bermanfaat bagus terhadap sirkulasi sehat udara di alam liar karena aroma bunga melati yang baru mekar betebaran dan benar-benar meresap di udara pada waktu pagi atau sore hari terutama di musim panas.

Mereka bermekaran di sepanjang musim panas yang biasanya dibudidayakan dengan beragam cara terhadap tanaman jenis merambat atau semak-belukar ini, tergantung dari kultivarnya.

cara menanam bunga melati

Kuncup bunga melati biasanya dapat dipanen setelah bermekaran dengan sempurna sebanyak 80% dan kerap dimanfaatkan untuk membuat teh yang harum dan menyegarkan untuk kesehatan dan kecantikan tubuh seorang wanita.

Jika anda berminat menanam dan merawat bunga melati di dalam pot maka pelajari bagaimana cara menanam, merawat, dan memanen bunga melati. Berikut kami berikan sedikit ulasan tentang hal tersebut :

1). Sebagai media tanam di pot, letakkan pecahan genting atau bata merah sebagai dasarannya. Di atasnya beri media pasir + tanah + pupuk organik dengan rasio perbandingan 1:1:1.

2). Penuhi media tanam hingga sekitar 1/3 bagian pot.

3). Tanam bibit bunga melati dalam pot, tekan perlahan media tanamnya, kemudian tambahkan media hingga 2 cm di atas pot.

4). Sirami dengan air secukupnya.

5). Untuk awal proses pertumbuhan, letakkan pot di tempat-tempat teduh hingga bibit bunga melati mulai tumbuh daun – daun baru.
Perawatan Bunga Melati.

Pada umur sekitar satu bulan setelah masa tanam pertama, bunga melati di dalam pot sering diganggu atau ditumbuhi oleh rumput-rumput liar (gulma).

Bersihkan rumput-rumput liar tersebut secara teratur setiap pagi hari. Pada fase awal pertumbuhan, media tanam bunga melati membutuhkan ketersediaan air dalam jumlah yang cukup memadai.

Pengairan wajib dilakukan secara teratur setiap hari pada waktu pagi atau sore hari sampai tanaman berumur kurang lebih 1 bulan. Pengairan dilakukan 1 – 2 kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari.

Namun hindari menyiram air secara berlebihan. Untuk menjaga kesuburan media tanam, lakukan pemupukan. Bisa menggunakan pupuk organik maupun pupuk kimia.

Waktu pemupukan yang tepat adalah sebelum melakukan pemangkasan, sebelum berbunga atau sesaat sesudah panen bunga pertama dan panen – panen selanjutnya.

Pada umumnya, bunga melati tumbuh menjalar, kecuali pada beberapa spesies tertentu. Maka dari itu perlu dilakukan pemangkasan agar pertumbuhan tanaman tetap terjaga dengan subur dan sehat.

Potong tangkai-tangkai yang tumbuh secara tak beraturan sehingga serasi dengan ukuran pot.

Fungsi lain dari dilakukannya pemangkasan adalah sebagai perangsang agar tanaman bunga melati cepat berbunga.

Baca Artikel Lainnya :

  • Kiat – Kiat Praktis Agar Bunga Melati Di Halaman Rajin Berbunga
  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Melati
  • Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Hias Melati

Semoga penjelasan singkat dari kami tentang cara menanam bunga melati di atas bisa membantu anda yang tertarik dan berniat memelihara tanaman bunga melati di dalam rumahnya karena diketahui bahwa manfaat bunga melati sangat banyak sekali, terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/cara-menanam-dan-merawat-bunga-melati-di-pot/


0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Bunga Melati Di Pot"

Post a Comment