Cara Pengendalian Hama Tanaman Padi

Cara Pengendalian Hama Tanaman Padi – Hama merupakan organisme yang dianggap dapat merusak tanaman maupun hewan ternak. Tanaman padi juga tidak luput diserang oleh hama.

Selain hama, tanaman padi juga bisa rusak diakibatkan oleh hama tanaman. Hama  yang menyerang tanaman padi menyebabkan kerugian bagi para petani.

Oleh karena itu agar para petani tidak mengalami kerugian, maka harus mengetahui bagaimana cara untuk pengendalian hama  yang menyerang tanaman padi. Akan tetapi hama padi tidak hanya satu macam, melainkan terdiri dari berbagai macam.

Begitupun untuk pengendaliannya, sesuai dengan jenis hama yang menyerang padi tersebut. Agar tidak keliru dalam mengendalikan hama  yang menyerang tanaman padi, maka sebaiknya terlebih dahulu mengetahui berbagai jenis hama yang bisa menyerang tanaman padi. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Wereng Coklat

Untitled

Apabila padi di sawah sering terlihat mati kering dan seperti terbakar, maka tanaman padi tersebut terkena oleh hama jenis ini, yaitu wereng coklat. Wereng coklat sering menyerang tanaman padi yang mengandung unsur N (Nitrogen) terlalu tinggi pada pupuk yang digunakan.

selain itu kondisi tanaman  yang jaraknya terlalu rapat juga bisa beresiko terkena wereng coklat. Bagi tanaman padi yang terkena hama jenis ini, maka penggunaan insektisida applaud, varietas tahan, dan mengurangi penggunaan pupuk yang mengandung Nitrogen dapat dilakukan untuk mengendalikan hama jenis ini.

  1. Wereng Hijau

Untitled

Virus tungro merupakan virus yang disebarkan oleh hama jenis ini. Apabila tanaman padi terkena oleh wereng hijau,  maka menyebabkan padi tersebut terserang penyakit tungro.

Pada saat fase persemaian tanaman padi rentan mengalami serangan yang disebabkan oleh wereng hijau ini. Cara yang digunakan untuk mengendalikan hama wereng hijau pada tanaman padi, dapat dilakukan seperti halnya pengendalian pada tanaman padi yang terserang hama wereng coklat.

  1. Tikus Sawah

Untitled

Tikus sawah dapat menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan. Malam hari merupakan waktu bagi tikus sawah untuk menyerang tanaman padi, sedangkan pada siang hari tikus sawah bersembunyi di pematang sawah, semak, maupun lubang pada tanggul irigasi.

  1. Burung

Untitled

Pada fase masak susu hingga padi dipanen, burung menyerang tanaman padi. Bulir padi yang sedang menguning akan langsung dimakan oleh burung, sehingga para petani kehilangan hasil panennya. Selain itu, patahnya malai padi juga disebabkan oleh burung.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pengendalian hama pada tanaman padi berbeda-beda sesuai dengan jenis hama  yang menyerangnya. Setelah mengetahui apa saja jenis hama  yang bisa menyerang tanaman padi, berikut ini cara untuk pengendaliannya :

  1. Pengendalian secara Fisik

Pengendalian jenis ini dilakukan secara langsung dengan hama  yang menyerang tanaman padi tersebut. Misalnya dengan memasang perangkap. Pengendalian jenis ini dilakukan bagi hama besar dan terlihat oleh mata. Misalnya burung dan tikus.

  1. Pengendalian yang dilakukan secara Kimia

Pengendalian ini dilakukan agar mematikan serta memusnahkan hama yang menyerang tanaman padi yang dianggap mengganggu. Dalam pengendalian ini melibatkan bahan-bahan kimia, sehingga disebut sebagai pengendalian secara kimia. Pada umumnya jenis bahan kimia yang dilakukan untuk membunuh hama  adalah pestisida.

  1. Memanfaatkan musuh alami

Cara yang paling aman dan murah untuk dilakukan yaitu dengan memanfaatkan atau melibatkan musuh alami. Misalnya memanfaatkan kucing atau anjing untuk mengendalikan hama tikus.

Baca Lainnya :

  • Panduan Pengendalian Hama Tanaman Jagung
  • Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Singkong
  • Panduan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Kentang
Sumber : http://agroteknologi.web.id/cara-pengendalian-hama-tanaman-padi/


0 Response to "Cara Pengendalian Hama Tanaman Padi"

Post a Comment