Kandungan dan Manfaat Tanaman Jahe

Kandungan dan Manfaat Tanaman Jahe – Semua pasti mengenal jahe, yang dijadikan sebagai salah satu rempah – rempah atau bumbu masakan sehari – hari ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar obat tradisional.

Tanaman jahe yang memiliki cita rasa khas pedas ini kebanyakan tumbuh di tanah yang subur seperti di negara kita Indonesia.

Berikut ini akan saya bahas tentang kandungan yang ada pada jahe serta manfaatnya untuk tubuh manusia.

manfaat jahe

Kandungan jahe

Kandungan yang ada pada jahe sangat banyak, salah satunya minyak atsiri yang merupakan senyawa mudah sekali menguap atau disebut dengan senyawa volatil. Selain itu jahe juga mengandung gizi, seperti :

  1. Vitamin A, B1, B2, C
  2. Karbohidrat
  3. Serat
  4. Lemak
  5. Kalsium
  6. Zat besi
  7. Sodium
  8. Fosfor
  9. Protein
  10. niasin

Manfaat tanaman jahe

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau jahe dapat bermanfaat untuk tubuh manusia, seperti berikut ini beberapa manfaatnya :

1). Memerangi sel kanker

Ternyata rempah – rempah yang satu ini  memiliki manfaat yang sangat menarik yaitu dengan mengonsumsinya dapat mencegah atau meredam perkembangan sel – sel kanker dalam tubuh seseorang karena kandungan nutrisi pada si jahe.

Menurut studi juga, di ungkapkan bahwa ekstrak jahe memiliki khasiat untuk memerangi berbagai macam jenis kanker, kanker usus dan ovarium misalnya saja.

2). Mengatasi rasa mual

Pernahkah anda merasa mual? Atau merasakan kondisi perut yang tidak nyaman?

Sebaiknya, anda meminum wedang jahe ketika anda merasakan kondisi seperti ini, karena menurut sejumlah studi bahwa meminum wedang jahe dapat meredakan perut seseorang akan kembali nyaman (tidak mual lagi).

3). Meningkatkan imun tubuh

Ketika anda merasa mulai sakit – sakitan, batuk dan flu misalnya, sangat di sarankan meminum wedang jahe atau jahe yang di rebus dengan air atau hanya jahe yang di memarkan lalu di beri air mendidih.

Biasanya, ketika seseorang meminum wedang jahe ini akan mengeluarkan keringat dan suhu pada tubuhnya meningkat, pada saat tersebut racun dalam tubuh ikut keluar.

4). Menghilangkan jerawat

Ternyata si jahe ini mampu juga menghilangkan jerawat pada wajah seseorang. Caranya :

  • Siapkan 1 siung kecil jahe, cuci dan kupas hingga bersih.
  • Iris jahe dengan ketebalan sekitar ¼ Inci.
  • Bersihkan wajah hingga bersih dengan air.
  • Aplikasikan irisan jahe pada seluruh area wajah dengan dipijat secara perlahan dan putar – putar hingga mengeluarkan cara minyak.
  • Jika sudah, maka aplikasikan pada seluruh wajah dan diamkan selama sekitar 10 – 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

5). Membuang racun dalam tubuh

Salah satu kandungan jahe adalah senyawa anti inflamasi yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu dapat juga membantu tubuh mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat. Caranya :

  • Siapkan air hangat dan campurkan bubuk jahe sebanyak dua ratus gram.
  • Buat air campur jahe tersebut untuk berendam selama 20 – 30 menit.
  • Selama berendam jangan lupa meminum air patih, untuk mengembalikan cairan da mineral dalam tubuh yang hilang melalui keringat.

6). Menghilangkan sakit kepala

Ternyata jahe mengandung antihistamin selain mengandung anti inflamasi yang mana bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit pada kepala.

Baca Artikel Lainnya :

  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kencur
  • Beberapa Manfaat Tanaman Gambir Untuk Kesehatan
  • Kandungan dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Jika terserang sakit kepala yang parah bisa juga memakan manisan jahe untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit yang di derita.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/kandungan-dan-manfaat-tanaman-jahe/


0 Response to "Kandungan dan Manfaat Tanaman Jahe"

Post a Comment