Pemanfaatan pakan Kulit kopi

pemanfaatan Kulit Toko untuk pakan ternak bahan - kopi adalah salah satu tanaman yang telah dikembangkan dan dibudidayakan di berbagai kalangan masyarakat biasanya hanya biji kopi yang digunakan sebagai minuman. Tapi, Anda tahu bahwa kulit kopi dapat digunaka untuk memberi makan ternak ruminansia seperti kambing, domba, sapi dan kerbau yang dapat membantu meningkatkan berat badan, meningkatkan produksi susu dan sebagainya.

1

Kandungan protein dari sekitar 8, 549% kopi kulit sangat tinggi dibandingkan dengan kandungan nutrisi di rumput, tidak hanya kulit kopi juga dapat digunakan untuk memberi makan bahan ternak non-ruminansia , khususnya pada unggas. Namun, beberapa faktor pembatas dengan menggunakan kulip kopi, mengandung serat, zat anti-nutrisi (tannin dan kafein) sehingga memiliki peran yang sangat penting untuk hewan.

Baca: Cara Membuat pakan Tepung Ikan

bahan pakan dan kulit kopi ketika mereka difermentasi, kemudian protein dan energi akan meningkatkan kandungan serat kasar menurun. Berdasarkan penelitian Parvati, et al 2008 menunjukkan bahwa fermentasi kulit kopi menggunakan Aspergillus niger akan sangat baik untuk menggantikan dedak padi sebagai kawanan pakan konsentrat. Hal ini disebabkan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membuat bahan pakan kulit kopi untuk pakan kualitas bahan dan berkualitas.

Cara membuat kulit kopi yang kuat dengan Asperigilllus niger

  1. Aspergillus niger dilarutkan dalam air, kemudian tambahkan gula solusi, urea dan NPK. Kemudian lakukan 24 jam inkubasi.
  2. Mengatur wadah atau silo fermentasi dan plastik gentong yang dapat ditutup rapat sehingga memungkinkan udara.
  3. kulit Konten pakan kopi dilakkan siap membuat fermentasi menaburan pada permukaan media dengan ketebalan 5-10 cm, kemudian membuat penyiraman dengan larutan yang sama Aspergillus. Penyiraman bisa dilakukan dengan gratis atau shower.
  4. bahan pakan Stack yang telah disiram dengan solusi, unggulan kembali kopi pakan dengan kulit tebal yang sama dengan membuat larutan cair, sehingga stabil sampai wadah penuh atau tempat.
  5. Kemudian selasai cair dan susun pakan tetapi penutupan dengan plastik atau terpal untuk memenuhi sedikit cela dibuat dan budidaya selama 1 minggu.
  6. Selanjutnya, setelah satu minggu untuk melakukan pembongkaran dan gas atau angin -. Ditayangkan
  7. Penggunaan bahan pakan ternak dapat ditambahkan ke bahan pakan lainnya, untuk meningkatkan kandungan di dalamnya.

The gizi bahan pakan kulit dengan menggunakan ternak kopi

Kulit kopi untuk pakan ternak di bahan kering fermantasikan 95 dari 22 5, 10 protein kasar, 47% , kasar lemak 0, 26% dan 32 serat kasar, 36% dan kotor energi 4, 14 kka / g.Adanya bahan-bahan ini akan sangat berguna dan bermanfaat untuk meningkatkan berat badan, meningkatkan hasil dan kesehatan ternak yang sehat.

Lihat juga:

  • Cara Membuat Pribiotik Alam Untuk Ternak
  • Umpan Val Pengemukan Untuk Ram
  • Mudah cara Membuat pelet Apung

ulasan tersebut untuk pemanfaatan lapisan kulit kopi, dapat informasi yang berguna dan bermanfaat.

Sumber : http://fredikurniawan.com/pemanfaatan-kulit-kopi-untuk-pakan-ternak/


0 Response to "Pemanfaatan pakan Kulit kopi"

Post a Comment