biji mekanik pengelolahan kakao Pasca Panen

Teknik biji kakao pengelolahan mengirim panen - biji kakao pasca panen pengelolahan dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan harga. Pengelolahan berikut tanaman kakao panen harus dilakukan dengan tepat maksimal, karena akan mempengaruhi kualitas dan fisik untuk menjaga benih kualitas tanaman kakao.

Biji kakao

Biji kakao (Gambar sumber)

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam biji pengelolahan kakao setelah panen, miasalnya fermentasi, pencucian, pengeringan, sortasi, kemasan dan penyimpanan.

Baca: Cara Pembibitan Kakao Dengan generatif

Fermentasi


Fermentasi dilakukan untuk menghilangkan lendir pada permukaan benih begitu pensangraian. Fermentasi juga dapat membantu meningkatkan biji kakao kualitas teknis sehingga kadar air, jumlah jamur dan isi dari kulit biji akan menurun.

Fermentasi dapat dilakukan dengan menempatkan biji kakao dalam kotak itu adalah ketika lubang di bagian bawah, ini bisa berfungsi untuk masuknya oksigen, karbon dioksida dan air yang dihasilkan dalam fermentasi. Kemudian penutupan koleksi biji kakao dengan tas kanvas atau penutup lainnya, diamkan selama 1 minggu.

Wash


Ketika difermentasi, membuat mencuci biji kakao dengan air bersih. cuci ini dilakukan dalam rangka untuk bibit yang lebih baik, warna mengkilap, kulit rendah dan benih tahan terhadap hama dan penyakit serangan selama penyimpanan. biji kakao mencuci dapat dilakukan secara manual atau dengan tangan manusia dan menggunakan mesin otomatis.

Pengeringan


iringan dilakukan bertujuan untuk mengurangi kadar air biji kakao sekitar 6-7% dari isi biji Awalnya pengeringan ini dapat dilakukan dengan pengeringan dengan sinar matahari dan menggunakan pengering atau menggunakan kombinasi keduanya. Selama pengeringan, lakukan pembolak reaksi serata kering baik di bagian bawah dan atas.

tempering


Setelah pengeringan selesai, biji kakao juga harus marah sebelum memasukkan mereka dalam memilah dan kemasan. Tempering adalah proses yang digunakan untuk benih penyesuaian suhu dengan suhu udara sekitar dilakukan dengan menempatkan hasil biji kakao kering di tempat terbuka selama setidaknya 5 jam.

Kemasan dan penyimpanan


Sebelum kemasan dan klasifikasi penyimpanan harus dilakukan sebelum menyortir biji dengan karakteristik fisik dan ukuran biji. Pemisahan pemisahan antara kelompok yang telah menerima tanda-tanda khusus. Selama menyortir, segala macam kotoran yang masih menempal harus dipisahkan dan dibuang karena dapat mempengaruhi daya penyimpanan.

biji Kemasan kakao yang telah diklasifikasikan pemakaian biasa atau goni karung yang telah ditentukan atas dasar kualitas sinyal. Maka jangan penyimapanan baik, terutama tempat yang bersih, ventilasi udara aktif, dan jauh dari hal-hal -. Hal-hal yang tajam dan lain-lain

Lihat juga:

  • Pengendalian Penyakit busuk di Cocoa buah
  • Tips Panen Buah Kakao Dengan Baik
  • Pest Control Penggerek Buah kakao

Ada beberapa teknik dan cara pengelolahan biji kakao setelah panen mudah-mudahan informasi yang kami Ber

Sumber : http://fredikurniawan.com/teknik-pengelolahan-biji-kakao-pasca-panen/


0 Response to "biji mekanik pengelolahan kakao Pasca Panen"

Post a Comment