Teknik Budidaya Tanaman Mindi Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Mindi  – Pada habitat aslinya, tanaman mindi banyak ditemukan di Negara India dan Burma.

Namun, saat ini tanaman mindi sudah banyak dibudidayakan di Negara-negara tropis dan subtropis.

Di Indonesia sendiri sudah banyak mayarakat yang membudidayakan tanaman mindi seperti di daerah Jawa, Sumatra, Papua, dan Nusa Tenggara.

2

Umumnya tanaman ini dapat tumbuh subur pada daratan rendah hingga dataran tinggi yaitu antara 0 – 1200 meter diatas permukaan laut, dengan curah hujan antara 600 – 2000 mm per tahun, dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah.

Tanaman mindi terkenal sebagai penghasil kayu berkualitas untuk bahan baku mebel, baik ekspor atau domestik.

Sebab kayu mindi memiliki sifat sesuai dengan mebel dengan corak yang indah, sangat mudah diolah, termasuk dalam golongan kayu kelas kuat III – II, dan ketika mengering tidak akan berubah bentuk atau terjadi kecacatan.

Untuk melakukan budidaya tanaman mindi, dapat dikatakan susah-susah gampang.

Karena tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan membutuhkan teknik-teknik yang sesuai, agar hasil yang diperoleh maksimal. Selain itu, untuk memperbanyak tanaman mindi dari biji.

Kita harus mengeluarkan biji tanaman mindi dari cangkang buahnya terlebih dahulu, yang terkenal sangat keras dan sulit untuk dibuka. Berikut akan dijelaskan beberapa teknik budidaya tanaman mindi bagi pemula, dengan memperbanyak tanaman mindi dari biji.

Langkah Persiapan Pembenihan

Untuk melakukan budidaya tanaman mindi dari biji, maka diperlukan biji mindi yang berkualitas dan tidak memiliki kecacatan bentuk.

Ketika mengambil biji dari cangkangnya, diperlukan teknik khusus. Pertama kumpulkan semua biji berkualitas baik dan tidak memiliki kecacatan bentuk, selanjutnya ekstrasi atau iris melintang terlebih dahulu biji tersebut dengan menghilangkan daging buah dan akan meninggalkan cangkang mindinya saja.

Kemudian jemur cangkang tersebut di bawah sinar matahari sekitar 2 – 3 hari, hingga cangkang tersebut mengering dan retak.

Dari sela-sela retakan tersebut, kita dapat mencongkelnya menggunakan pisau. Ketika melakukan pencongkelan, lakukan dengan sangat hati-hati karena biji mindi sangat mudah rusak dan memiliki tekstur lembek.

Selanjutnya lakukan penyortiran biji yang memiliki kualitas baik, dengan merendam biji tersebut ke dalam air. Bila biji tersebut berwarna hitam dan tenggelam di dalam air, maka biji tersebut memiliki kualitas baik.

Terakhir, angkat biji tersebut dan keringkan, dengan cara diangin-anginkan selama sekitar 2 – 3 hari.

Langkah Pembenihan

Rendam biji selama 30 menit dalam air bersuhu 80°C dan tiriskan, lalu siapkan media semai berukuran 50 cm x 20 cm.

Selanjutnya masukan biji ke media semai hingga rata, tutup dengan tanah, dan semprot dengan pestisida kimia agar dapat terlindung dari serangan hama serta tutup menggunakan plastik hingga 10 hari kemudian.

Jika biji mindi mulai berkecambah, pindahkan ke kantong plastik polybag, dan rawat hingga mencapai ketinggian 20 – 30 cm atau sekitar 4 – 6 bulan setelah dipindahkan ke polybag.

Langkah Penanaman

Bersihkan lahan yang akan ditanami, cangkul tanah sedalam 30 cm dengan jarak tidak terlalu rapat atau tidak terlalu renggang agar tanaman tidak rubuh ketika tertiup angin.

Sobek plastik polybag tersebut, keluarkan bibit mindi, lalu masukkan bibit kedalam lubang yang sudah digali tadi, dan tutup menggunakan tanah hingga rata.

Langkah Pemupukan

Lakukan pemupukan menggunakan pupuk organik atau kimia dan lakukan saat musim hujan tiba, agar pupuk dapat meresap ke dalam tanah. Berikan pupuk 3 bulan sekali selama satu tahun, namun jika sudah lebih dari satu tahun kita tidak perlu memberikan pupuk lagi.

Baca Artikel Lainnya :

  • Panduan dan Cara Budidaya Lidah Buaya
  • Cara Budidaya Tanaman Katuk
  • Cara Budidaya Tanaman Petai

Langkah Penyiangan

Hal ini dilakukan untuk membersihkan gulma dari pohon mindi dan dilakukan setiap enam bulan sekali. Sisa proses penyiangan kemudian ditimbun di dalam tanah yang ada di sekitar pohon mindi, agar dapat terdekomposisi di dalam tanah.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/teknik-budidaya-tanaman-mindi-untuk-pemula/


0 Response to "Teknik Budidaya Tanaman Mindi Untuk Pemula"

Post a Comment