Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tomat

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tomat – Setiap petani tomat wajib mengetahui hama dan penyakit yang menyerang tanamannya, termasuk bagaimana cara mengendalikannya ketika tanamannya sudah terindikasi terserang.

Berikut beberapa hama yang menyerang tomat serta cara mengendalikannya :

Ulat buah

hama dan penyakit tomat

Ulat buah menjadi hama tanaman tomat yang mengakibatkan tomat berlubang, selain itu ulat bulu (heliothis armigera atau Helicoverpa armigera) juga menyerang bunga dan daunnya.

Ketika buah sudah diinfeksi oleh ulat yang memiliki panjang tubuh sekitar 4-5 cm akan mengalami pembusukan.

Ulat yang memiliki variasi warna ini memiliki ngengat demam panjang sekitar 2 cm, sayap luar berwarna cokelat dan putih bagian dalamnya.

Dilakukan pemungutan terhadap ulat dan telurnya kemudian dilakukan pembakaran untuk pengendaliannya.

Sedangkan ngengatnya dikendalikan menggunakan sinar ultraviolet, bisa juga dilakuakan penyemprotan dengan insektisida.

Lalat buah

Lalat buah yang memiliki nama latin Bactrocera sp memiliki panjang sekitar 8 mm, tubuhnya berwarna hijau kehitaman dan bersayap transparan.

Sedangkan belatung mudanya berwarna putih, berwarna kekuningan jika sudah menjelang tua pada daging tomat. Pupanya sendiri terdapat pada permukaan tanah.

Jika sebuah tomat terserang lalat buah ini akan mengalami pembusukan dan terdapat belatung di dalam buahnya.

Maka lakukan pengendalian demam cara pengolahan tanah secara benar, dengan cara dicangkul atau di bajak setelahnya biarkan terkena sinar matahari langsung selama berhari – hari agar pupa mati.

Selain itu bisa juga membuat perangkap untuk lalat jantan agar tidak bisa mengkawini lalat betina dan untuk mengurangi populasi.

Jika buah sudah teralanjur terinfeksi, maka lakukan pemetikan lalu bakar, agar tidak menyebar ke buah yang lainnya.

Kutu daun hijau

Hanya dengan menghinggapinya, maka kutu daun hijau (Aphis sp) sudah dapat melakuakan penyebaran virus pada tanaman lainnya, akibatnya taman menjadi tumbuh kerdil, daun keriting bahkan daun bisa juga berbentuk melengkung seperti pita.

Untuk pengendaliannya gunakan mulsa plastik perak karena mereka Ida suka pantulan sinar matahari. Selain itu lakukan penyemprotan dengan insektisida.

Beberapa cara pengendalian pada penyakit pada tomat:

Busuk daun

Akibat serangan jamur Phitophthora Infestans daun pada tamat akan muncul bercak cokelat hingga hitam, yang mana awalnya menyerang ujung dan sisi daun tomat, baru kemudian meluas ke seluruh daun hingga tangkainya.

Jika tumbuhan tomat sudah terinfeksi dengan penyakit ini maka harus segera dilakukan pencabutan dan di bakar serta lakukan penyemprotan menggunakan fungisida.

Untuk mencegah adanya jamur tersebut lakukan pemilihan bibit yang unggul bebas dari jamur.

Busuk buah

Salah satu penyebab busuk buah adalah cendawan Thanatephorus cucumeris yang menyerang buah dengan tanda bercak cokelat kemudi membesar, berubah cekung dan akhirnya bagian tengah retak.

Ada juga cendawan Colletotrichum coccodes memiliki tanda bercak kecil berair, membulat dan cekung sedangkan pada pangkal buah ada bercak ungu.

Jika sudah terserang oleh penyakit ini maka lakukan pembakaran dan lakukan rotasi tanah serta semprot dengan fungisida dengan kandungan kaptafol. Pastikan menggunakan benih resisten.

Bercak bakteri

Pada buah akan muncul bercak berair dan beruah jadi bercak bergabus, sedangkan daun akan mengalami kering dan keriting karena bakteri Xanthomonas vesicatoria, bahkan batang tumbuhan tomat akan muncul kerang panjang berwarna kelabu – abuan.

Baca Artikel Lainnya :

  • Teknik Penanganan Pasca Panen Tomat dan Pemasarannya
  • Penjelasan Mengenai Stomata dan Lentisel beserta Bagian-bagiannya pada Tanaman
  • Panduan Dasar Budidaya Tanaman Tomat

Pilihlah bibit unggul bebas dari penyakit untuk mengurangi resik penyakit ini. Jika sudah terinfeksi maka lakukan pencabutan dan pembakaran serta lakukan penyemprotan menggunakan bakterisida dengan kandungan antibiotik sesuai petunjuk.

Sumber : http://agroteknologi.web.id/cara-pengendalian-hama-dan-penyakit-tanaman-tomat/


0 Response to "Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Tomat"

Post a Comment