Syarat Tumbuh Tanaman Rambutan

Syarat Tumbuh Tanaman Rambutan – Melakukan budidaya tanaman rambutan memang sangat menguntungkan dan menyenangkan, karena tanaman ini memiliki buah yang sangat nikmat serta memiliki daun yang rimbun sehingga dapat membuat udara menjadi sejuk.

Selain itu, buah yang dihasilkan oleh tanaman rambutan dapat dijual dan meningkatkan pendapatan pemiliknya.

Untuk menanam tanaman rambutan tidak terlalu rumit, sebab tanaman ini mampu hidup pada jenis tanah apapun bahkan ditanam di dalam pot atau di pekarangan rumah kita yang minimalis.

syarat tumbuh rambutan

Seperti yang dijelaskan diatas, salah satu keunggulan tanaman rambutan adalah mudah untuk ditanam di berbagai jenis tanah dan tidak memerlukan perawatan yang ekstra.

Akan tetapi, harus diketahui jika kita akan menanam tanaman rambutan harus memberikan jarak yang cukup antara satu tanaman dengan tanaman lainnya agar dapat berkembang dengan maksimal.

Umumnya, tanaman rambutan mulai berbuah atau berproduksi ketika usianya sudah memasuki dua tahun sejak masa tanamnya.

Untuk melakukan perawatan tidaklah terlalu sulit, karena kita hanya perlu memberikan pupuk organik saja maka tanaman rambutan sudah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta menghasilkan buah berkualitas.

Sebaiknya sebelum melakukan penanaman tanaman rambutan, kita harus sudah mengetahui terlebih dahulu keadaan lingkungan yang akan dijadikan tempat penanaman.

Syarat-Syarat Tumbuh Tanaman Rambutan

Tanaman rambutan adalah salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia seperti di Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra, dan daerah-daerah lainnya.

Sebelum melakukan penanaman, kita harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu.

Dengan tujuan, saat melakukan penanaman tanaman rambutan dapat berlangsung sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Berikut beberapa syarat tumbuh tanaman rambutan.

Syarat Iklim Tumbuh Tanaman Rambutan

  • Untuk melakukan budidaya tanaman rambutan, angin berperan besar dalam melakukan penyerbukan bunga.
  • Intensitas hujan yang baik untuk melakukan budidaya tanaman rambutan adalah 1500 – 2500 mm per tahun dan merata sepanjang tahun.
  • Sinar matahari harus menyinari tanaman rambutan setidaknya 6 – 9 jam setiap harinya dan suhu di sekitarnya antara 23 – 27 derajat C agar pertumbuhannya serta buah yang dihasilkannya dapat maksimal. Jika sinar matahari yang didapatkannya kurang, maka pertumbuhan dan buah yang dihasilkannya akan menurun atau dapat dikatakan tidak sempurna.
  • Kelembapan udara yang dibutuhkan tanaman rambutan cenderung lebih rendah (miskin akan kandungan air), karena umumnya tanaman ini tumbuh di dataran rendah – sedang. Kondisi daerah seperti itu sangat cocok sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan tanaman rambutan.

Syarat Media Tanam Tanaman Rambutan

  • Meski dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, tetapi tanah yang paling baik untuk menanam tanaman rambutan adalah lahan yang subur dan sedikit memiliki kandungan pasir serta gembur hingga mengandung bahan organik dalam jumlah banyak.
  • Tanah tersebut harus memiliki keasaman atau pH antara 6 – 6,7. Jika pH tanah tersebut kurang dari 5,5 maka diperlukan pengapuran terlebih dahulu sebelum penanaman.
  • Idealnya, kandungan air yang dimiliki tanah untuk tanaman rambutan adalah 100 – 150 cm dibawah permukaan tanah.

Syarat Ketinggian Tanam Tanaman Rambutan

  • Tanaman rambutan dapat tumbuh dengan subur dan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi, antara 20 – 1500 m diatas permukaan laut. Akan tetapi, ketinggian yang cocok untuk tanaman rambutan adalah 30 – 500 m dari permukaan laut.

Baca Artikel Lainnya :

  • Syarat Tumbuh Tanaman Duku
  • Syarat Tumbuh Tanaman Tebu
  • Panduan dan Cara Budidaya Lidah Buaya
Sumber : http://agroteknologi.web.id/syarat-tumbuh-tanaman-rambutan/


0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Rambutan"

Post a Comment