Contoh Perkembangbiakkan Secara Vegetatif

Contoh Perkembangbiakkan Secara Vegetatif – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari contoh perkembangbiakan secara vegetatif.

Namun sebelum mempelajari contoh perkembangbiakan vegetatif, kita akan mempelajari pengertian perkembangbiakan secara vegetatif terlebih dahulu.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

secara-vegetatif

Pengertian Perkembangbiakkan Secara Vegetatif

Secara umum, perkembangbiakan secara vegetatif didefinisikan sebagai suatu perkembangbiakan tanpa didahului dengan adanya peleburan sel kelamin.

Baca Artikel Lainnya :

Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif

Panduan Budidaya Kakao Secara vegetatif

Teknik dan Jenis Konservasi Tanah dengan Metode Vegetatif

Perkembangbiakan secara vegetatif dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu secara alami dan secara buatan.

1). Perkembangbiakkan Secara Vegetatif Alami

Perkembangbiakan secara vegetatif alami, dapat dilakukan dengan cara atau adanya alat sebagai berikut:

  • Spora :Spora merupakan satu atau beberapa sel berupa haploid atau diploid yang terbungkus dengan lapisan pelindung. Sel ini adalah dormain dan hanya dapat tumbuh di lingkungan atau wilayah yang yang memenuhi syarat tertentu, sesuai dengan jenis tanaman tersebut. Berikut beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif alami menggunakan spora antara lain tumbuhan paku, lumut, dan jamur.
  • Tunas :Tunas merupakan bagian dari tanaman yang baru akan tumbuh dari kecambah atau kuncup yang terletak diatas permukaan tanah atau media. Umumnya tunas dapat terdiri atas batang ditambah dengan calon bunga, daun muda, atau calon buah. Berikut beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif alami menggunakan tunas antara lain tanaman pisang, bambu, dan tebu.
  • Tunas Adventif :Tunas adventif merupakan tunas yang tumbuh dari bagian-bagian tertentu seperti tunas yang tumbuh pada akar atau daun. Berikut beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif alami menggunakan tunas adventif antara lain cocor bebek, cemara, dan sukun.
  • Umbi Batang :Umbi batang atau tuber cauligenum merupakan umbi yang terbentuk batang atau struktur modifikasi batang, seperti stolo atau geragih dan rhizoma atau rimpang. Berikut beberapa contoh dari tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif alami menggunakan umbi batang antara lain gadung, ubi jalar, dan bengkuang.
  • Akar Tinggal :Akar tinggala atau disebut juga dengan rhizoma merupakan modifikasi batang tanaman yang tumbuhnya menjalar dibawah permukaan tanah, menghasilkan akar dan tunas baru dari ruas-ruasnya. Berikut beberapa contoh dari tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif alami menggunakan akar tinggal antara lain lengkuas, jahe, dan kunyit.
  • Geragih :Geragih atau stolon merupakan modifikasi pada batang yang tumbuh menyamping dan diruas-ruasnya akan tumbuh bakal tanaman baru. Berikut beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif alami menggunakan geragih antara lain rumput teki, eceng gondok, dan strawberry.

2). Perkembangbiakkan Secara Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan secara vegetatif buatan, dapat dilakukan dengan cara atau adanya alat sebagai berikut:

  • Penyetekan :Perkembangbiakan dengan cara penyetekan dilakuakan dengan cara menanam bagian tertentu dari tanaman tanpa menunggu tumbuhnya akar terlebih dahulu. Berikut beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif buatan menggunakan penyetekan antara lain singkong, mawar, dan tebu.
  • Perundukan :Perkembangbiakan dengan cara perundukan dilakukan dengan cara membengkokkan cabang tanaman hingga ketanah, lalu memendam cabang tanaman tersebut dengan tanah. Berikut beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif buatan menggunakan perudukan antara lain anggur, apel, dan melati.
  • Pencangkokan :Perkembangbiakan dengan cara pencangkokan dilakukan dengan cara membuat batang tanaman menjadi berakar. Berikut beberapa contoh tanaman yang berkembangbiak secara vegetatif buatan menggunakan pencangkokan antara lain mangga, jambu biji, dan jeruk.
Sumber : http://agroteknologi.web.id/contoh-perkembangbiakkan-secara-vegetatif/


0 Response to "Contoh Perkembangbiakkan Secara Vegetatif"

Post a Comment