Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tempuyung

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tempuyung – Hi, Senang kamu bisa berkunjung ke sini. Kamu tau tempuyung? Apa sih sebenernya tanaman tempuyung? Tumbuhan herbal kah? Tumbuhan liar kah? Tumbuhan biasa kah? Ata tumbuhan berkhasiat?

Hmm sepertinya menarik yaa untuk kita bahas.. hehehe

Oke, kali ini kami akan membahas tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman tempuyung untuk kamu semua. Silahkan kamu simak yaa.. Semoga bisa bermanfaat!

Tanaman Tempuyung

Tempuyung merupakan salah satu jenis tanaman herba yang dapat tumbuh liar di tempat terbuka yang terkena paparan sinar matahari atau bisa juga sedikit terlindung, seperti di daerah tebing-tebing, tepi-tepi saluran air, ataupun tanah yang terlantar. Terkadang ia ditanam dan dibudidayakan sebagai tumbuhan obat.

Asal Tanaman herba Tempuyung

Tumbuhan yang berasal dari bagian bumi Eurasia ini dapat ditemukan pada daerah yang cukup banyak turun hujan pada kisaran ketinggian antara 50 hingga 1.650 m.

Morfologi Batang Tanaman Herba Tempuyung

Tanaman ini mempunyai tinggi berkisar antara 0,6 sampai dengan 2 m, mengandung getah putih, dengan akar tanaman berjenis tunggang yang cukup kuat. Pada tumbuhanya sering timbul tunas baru pada akar.

Batang tanaman ini tidak bercabang dan ia memiliki rongga serta berusuk. Dia mengadung getah, berbentuk bulat gundul dan rapuh, serta berbulu halus ketika masih muda.

Morfologi Daun Tanaman Herba Tempuyung

Daun tunggal, pada bagian bawah tumbuhan berkumpul pada pangkal dan membentuk roset akar.

Helai daun dari tanaman tepuyung memiliki bentuk lanset atau bentuk lonjong, ujungnya runcing, bagian pangkal bentuk jantung, tepi daun berbagi menyirip tidak teratur, warna dari daunya hijau muda.

Daun yang keluar dari tangkai bunga memiliki bentuk lebih kecil dibandingkan dengan pangkal yang memeluk batang, bila diperhatikan letak sedikit berjauhan dan juga berseling.

Morfologi Bunga Tanaman Herba Tempuyung

Perbungaan pada tanaman tempuyung berbentuk bonggol yang tergabung dalam suatu malai, memiliki tangkai, bermahkota dan berbentuk jarum, warna bunganya kuning cerah, namun seiring waktu dan pertumbuhan lama kelamaan menjadi berwarna merah kecokelatan.

Morfologi Buah pada Tanaman Herba Tempuyung

Buah dari tanaman tempuyung berbentuk kotak, memiliki lima rusuk, bentuknya sedikit memanjang sekitar 4 mm, berbentuk pipih, sedikit berambut, serta berwarna cokelat kekuningan.

Adapun sedikit keaneka-ragaman dalam jenis tumbuhan ini. Tumbuhan yang memiliki daun berukuran kecil disebut sebagai lempung, sementara untuk daun yang berukuran besar dengan tinggi tanaman mencapai 2 m diberi sebutan nama rayana.

Batang serta daun tanaman ini memiliki rasa pahit namun ia masih dapat dimakan sebagai lalapan untuk melengkapi santap makan.

Klasifikasi Dari Tanaman Tempuyung

Berdasarkan referensi yang ada, nama ilmiah dari tanaman tempuyung yakni “Sonchus arvensis L.” Kasifikasinya yakni:

  • Kingdom tanaman tempuyung : Plantae
  • Sub Kingdom tanaman tempuyung : Viridiplantae
  • Infra Kingdom tanaman tempuyung : Streptophyta
  • Super Divisi tanaman tempuyung : Embryophyta
  • Divisi tanaman tempuyung : Tracheophyta
  • Sub divisi tanaman tempuyung : Spermatophytina
  • Kelas tanaman tempuyung : Magnoliopsida
  • Super Ordo tanaman tempuyung : Asteranae
  • Ordo tanaman tempuyung : Asterales
  • Famili tanaman tempuyung : Asteraceae
  • Genus tanaman tempuyung : Sonchus L
  • Spesies tanaman tempuyung : Sonchus arvensis L
  • Sub Spesies tanaman tempuyung : Sonchus arvensis ssp. uliginosus

Yap seperti itulah. Bagaimana? Kami harap informasi yang kami tuliskan di artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua yaa..

Baca Artikel Lainnya :

  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Andewi
  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Adas
  • Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Brotowali

Di kesempatan yang selanjutnya kami akan memberikan informasi lain yang tak kalah menarik dan tak kalah informative dari artikel kami diatas. Terima kasih, See you next post!

Sumber : http://agroteknologi.web.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-tempuyung/


0 Response to "Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tempuyung"

Post a Comment